Semarang (ANTARA) - Indonesia akan menggelar Hari Belanja Online ASEAN, tepatnya pada 19 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah. Ini merupakan bagian dalam rangkaian Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economy Minister/AEM ke-55).

“Kalau di Indonesia namanya Harbolnas, pasti tahu kan. Jadi hari belanja online nasional, nah ini hari belanja online ASEAN,” kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis malam.

“Harbolnas” ASEAN itu bernama resmi ASEAN Online Sales Day dan merupakan acara sela (side event) dalam perhelatan AEM ke-55.

Menurut Djatmiko, pada “Harbolnas” ASEAN, pelaku usaha dari berbagai negara di ASEAN akan hadir di Semarang sedangkan penjualan produk tetap akan difasilitasi melalui  sebuah portal.

“Akan ada transaksi, jadi selain tampil di dunia maya, mereka juga akan tampil di dunia nyata. Akan diluncurkan pada tanggal 19 Agustus 2023,” ujar dia.

AEM ke-55 akan digelar pada 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah. Selain pelbagai acara sela, AEM ke-55 akan terdiri dari 19 pertemuan antara menteri-menteri ekonomi ASEAN dan menteri ekonomi negara mitra dialog ASEAN.



 

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024