Semarang (ANTARA) - PLN melalui program PLN Peduli kembali hadir dan memberikan bantuan riset serta pengembangan untuk bengkel motor konversi BBM ke listrik guna mendukung program pemerintah dalam percepatan transisi energi.

Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Senior Manager Keuangan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D I. Yogyakarta, Istiyadi, disaksikan oleh Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero),  Agus Yuswanta serta Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Deri Prasetio Utomo kepada Rubiyanto, pemilik bengkel modifikasi Rwin Development.

Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Pemkab  Karanganyar yang hadir mewakili Bupati Karanganyar, Joko Tri Suseno dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diserahkan kepada warganya.

“Terima kasih kepada PLN yang sudah berkenan untuk memberikan bantuan kepada warga masyarakat kami” ungkapnya pada Kamis (10/8).

Selain itu, beliau juga memberikan semangat kepada Rwin Development untuk terus berkarya untuk mengembangkan motor konversi.

General Manager PLN UID Jateng dan DIY, Soffin Hadi pada kesempatan yang berbeda menyampaikan harapan agar melalui bantuan ini, masyarakat semakin teredukasi bahwa motor listrik merupakan solusi cerdas karena ramah lingkungan dan hemat energi sehingga berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara serta biaya operasional yang murah dan penggunaan yang mudah.

“PLN melalui kerjasama dengan Rwin Development dan SMK Karya Teknika, harapannya di samping pengembangan juga dapat menularkan kepada adik-adik (SMK) agar memiliki  dampak yg lebih luas,” tuturnya.

Hal ini senada dengan rencana Rubiyanto bersama SMK Karya Teknika, yang ingin melibatkan diri dalam mata rantai akselerasi transisi energi, utamanya di bidang riset dan pengembangan.

Pihaknya akan berusaha untuk melakukan konversi motor dengan tetap mematuhi ketentuan yang berlaku, juga menyebarkan pengetahuan ini kepada masyarakat luas. Beliau juga memohon bantuan kepada seluruh stakeholder untuk mendukung program ini.

Penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai ini terus didukung oleh PLN selaku pemimpin transisi energi di Indonesia. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024