Purwokerto (ANTARA) - Tim mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil meraih juara 2 di ajang Informatics Connection Festival (Iconfest) 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Muhammadiyah Semarang pada 1 Juni sampai 25 Juli. 

Tim FEB Unsoed yang terdiri atas Rifki Romadhan (Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, angkatan 2022) dan Hermanto (Prodi Manajemen, angkatan 2022) menjadi runner up kategori Web Development Mahasiswa. 

Produk yang mereka tampilkan, yaitu sebuah website penyedia dan pengelola event yang bernama "TasBee". Website yang beralamatkan https://iconfest-2023.rifkiromadhan.repl.co/ ini dirancang dengan tujuan untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki suatu organisasi.
 
"Kami membuat website 'TasBee' supaya bisa membuat, mengelola, sekaligus mempromosikan suatu event ke orang lain hanya dalam satu tempat saja, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaannya. 'Tasbee' akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang kepada organisasi," jelas Rifki.

Dalam menghadapi perlombaan, kata dia, tim melakukan persiapan melalui penggalian ide yang masih sejalan dengan tema lomba yang telah ditentukan oleh penyelenggara. 

Baca juga: Unsoed Purwokerto kukuhkan 7.296 mahasiswa baru tahun 2023/2024

"Ide yang dimaksud yaitu latar belakang mengapa kami membuat website tersebut, apa tujuannya, dan bagaimana website yang kami buat itu bisa menjadi solusi bagi masalah yang ada di tema. Kemudian kami juga harus menyingkronkan antara ide, warna, dan tata letak website supaya user itu nyaman menggunakan website yang kami buat," katanya.

Ia dan Hermanto berharap dengan meraih juara 2 dalam ajang tersebut akan semakin menambah semangat untuk memenangkan kejuaraan lainnya, khususnya kejuaraan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

"Walaupun saya sudah tidak di Jurusan IT (Information Technology) lagi, tetapi tetap ada ruang khusus bagi pemrograman di jiwa saya dan tujuan besar saya, yaitu mengombinasikan antara ilmu ekonomi dan computer science supaya bisa menghasilkan produk yang bukan hanya menyelesaikan masalah sehari-hari manusia, tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar," ungkap Rifki. 

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB Unsoed Istiqomah, Ph.D. menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya. 

"Alhamdulillah prestasi nasional lagi, sangat membanggakan. Kami berkomitmen untuk terus mendorong," katanya.
 
Iconfest diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari siswa SMA/SMK sederajat sampai dengan mahasiswa. Berbagai kategori yang dilombakan, antara lain Lomba Akademik dengan 4 kategori:  Web Development SMK/SMA, Design Poster SMK/SMA, Web Development Mahasiswa, dan UI UX Design Mahasiswa. 

Sementara untuk Lomba Nonakademik terdiri atas kategori Tourney PES mahasiswa, Mobile Legends Turnamen SMK/SMA, Bulu Tangkis SMK/SMA, dan Turnamen Futsal.

Baca juga: Gubernur STIN harapkan mahasiswa baru Unsoed mampu hadapi tantangan
Baca juga: Ketua LPPM Unsoed kunjungi lokasi KKN Internasional di Malaysia
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024