Cilacap (ANTARA) - Vendor yang selama ini mitra bisnis dan rekan kerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menjadi partner terbaik dalam kesuksesan operasional. 

"Tidak hanya itu, mereka juga menjadi bagian dari upaya pencegahan penyuapan dan kesadaran penerapan safety perusahaan," kata General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama dalam sambutan Vendor Day 2023 di Gedung Patra Graha, Cilacap, Senin (24/7). 

Kegiatan yang mengusung tema "Strengthening Partnerships for Fraud Prevention and Safety Awareness" itu dihadiri tim manajemen dan 300 vendor PT KPI RU IV Cilacap.

Lebih lanjut, Edy mengatakan pihaknya menghargai peran dan kontribusi vendor sebagai mitra bisnis yang telah menjadi pilar penting dalam kesuksesan penyediaan energi bagi masyarakat dan industri.  

"Hubungan ini bukan hanya sekadar transaksi bisnis, tetapi kemitraan yang kokoh dan saling mendukung. Pentingnya pencegahan penipuan dan kesadaran keselamatan dalam lingkup kerja sama ini tidak dapat diragukan lagi,” ujarnya.

Menurut dia, fraud atau penyuapan dan kecelakaan kerja tidak hanya berdampak pada kinerja operasional, juga membahayakan nyawa dan lingkungan sekitar. 

Baca juga: Bapor Sepakbola RU IV Cilacap juara Turnamen Danlanud Cup 2023

"Oleh karena itu, tema hari ini menggarisbawahi komitmen kami untuk menciptakan lingkungan bisnis yang aman, jujur, dan beretika," tegasnya.

Terkait dengan hal itu, Edy mengajak seluruh vendor berupaya untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi risiko penyuapan, baik di dalam maupun di luar organisasi. 

"Mari jaga komitmen untuk membangun kemitraan saling menguntungkan, menjunjung tinggi integritas, dan menyebarkan kesadaran pentingnya pencegahan fraud dan keselamatan dalam industri energi," katanya.

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan sejumlah penghargaan di antaranya bagi 32 perusahaan untuk kategori Award Critical Patch, Main Contractor, Rotating Equipment, Instrumentasi, Electrical, Workshop, Mechanical Sipil, dan Fabricator. 

Selain itu, 10 perusahaan sebagai The Best Vendor TA 2023, dan masing-masing kepada satu perusahaan kategori The Best Vendor HSSE, The Best Vendor Service, dan The Best Vendor Material.

Baca juga: Ini kontribusi Kilang Cilacap bagi huntara di Karang Gintung
Baca juga: Kilang Cilacap luncurkan program FOC II Excellent

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024