Cilacap (ANTARA) - Tim Badan Pembina Olahraga (Bapor) Sepakbola RU IV Cilacap sukses menyabet gelar juara turnamen sepakbola Danlanud Cup Purbalingga 2023 usai menumbangkan Tim Rayap Alas Banjarnegara di babak final melalui drama adu penalti di Lapangan Garuda Manunggal Lanud Jenderal Besar Soedirman Purbalingga, Minggu (23/7).

Dalam laga tersebut, tim kebanggaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap ini menampilkan performa terbaik, terbukti melalui berbagai inisiatif serangan dari berbagai lini.

Meskipun tim lawan beberapa kali mengurung pertahanan tim Bapor, kedisiplinan barisan belakang yang dimotori Meyyer, Ari Bantul, dan Teguh sukses mementahkan setiap serangan. Termasuk benteng terakhir Wendra Kanasta di bawah mistar tampil cemerlang berjibaku mengamankan gawangnya tetap perawan.          

Satu peluang terbaik diperoleh Bapor di menit akhir babak pertama. Berawal dari umpan terobosan Said kepada Tumin yang selanjutnya berhasil melewati dua pemain lawan menuju kotak penalti dan menyodorkan bola matang ke striker Fikri. 

Sayang, penyelesaian akhir Fikri yang sudah berdiri bebas di depan gawang tidak akurat, bola hanya menyentuh tiang gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol 0-0. 

Memasuki paruh kedua, tensi permainan yang disaksikan puluhan ribu penonton semakin tinggi. Kedua tim saling jual beli serangan demi menyabet gelar terbaik di ajang bergengsi yang sudah memasuki penyelenggaraan ke-21 itu. 

Baca juga: Ini kontribusi Kilang Cilacap bagi huntara di Karang Gintung

Satu peluang terbaik kembali didapatkan tim Bapor di menit-menit akhir yang hampir saja mengubah hasil di papan skor. Dari skema serangan balik, lagi-lagi Tumin menjadi ancaman serius dengan menampilkan aksi solo run menuju gawang lawan. Namun penyelesaian akhir menghantam tembok pertahanan kiper Rayap Alas yang juga tampil memukau.

Skor kacamata bertahan hingga peluit panjang dibunyikan tanda berakhirnya waktu normal. Tak ayal penentuan sang juara harus dilakukan melalui adu penalti.

Wendra, sang kapten Bapor tampil dalam performa terbaik dengan menepis 3 dari 5 tendangan lawan. Sedangkan dari tim Bapor, 3 eksekutor yakni Teguh, Ganjar, dan Arif Bantul sukses menunaikan tugas dan hanya 1 penendang yakni Tumin yang tendangannya membentur mistar gawang. Kemenangan diraih tim Bapor, 3-2.

Dengan hasil ini tim Bapor RU IV dikukuhkan sebagai jawara, berhak membawa pulang piala bergilir, piala tetap Danlanud Cup 2023 dan uang tunai Rp 17 juta. Tak hanya itu, Wendra juga dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang turnamen dan Saiful Bahri menjadi pencetak gol terbanyak sejumlah 6 gol.

Ketua Bapor Sepakbola RU IV Cilacap Rochmat Nonot Yulianto mengaku bangga timnya mampu menjawab kepercayaan manajemen PT KPI RU IV dengan membawa pulang predikat juara. 

"Kami tentu sangat bangga dengan hasil ini. Para pemain juga sudah menunjukkan yang terbaik selama ajang ini, meski selama babak normal tidak tercipta gol, semua terbayar di babak adu penalti. Terima kasih untuk seluruh dukungannya," katanya.

Danlanud Cup merupakan ajang sepakbola tahunan yang diselenggarakan oleh Lanud Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Danlanud Cup 2023 diikuti 32 tim sepakbola terbaik dari Purbalingga, Banjarnegara, Pemalang, Kebumen, dan Cilacap.

Baca juga: Kilang Cilacap luncurkan program FOC II Excellent
Baca juga: Kilang Cilacap turunkan Tim Damkar dalam latihan Pam Obvit dan Penanggulangan Bencana
Baca juga: Kilang Cilacap tes Napza sasar 3.000 Pekerja

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024