Karanganyar (ANTARA) - Perum Jasa Tirta I bersama pemangku kepentingan menebar 25 ribu bibit ikan Nila di Waduk Delingan yang secara hidrologi memiliki induk sungai yaitu Bengawan Solo dan merupakan ekosistem air tawar yang berlokasi di Dukuh Pojok, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.
Waduk Delingan memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi pertanian bagi kurang lebih area seluas 2.410 hektare yang juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan wisata pemancingan dan kegiatan perikanan.
Pada kegiatan penebaran bibit ikan di Waduk Delingan beberapa waktu lalu, PJT I bersama dengan BBWS Bengawan Solo, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Camat Karanganyar, Koramil Karanganyar, Polsek Karanganyar, BPBD Karanganyar, Kepala Desa Delingan, Direktur PDAM Karanganyar dan Komunitas Pecinta Waduk “Kyai Delingan” Karanganyar.
Kepala Divisi Jasa ASA III Erwando Rachmadi mengatakan bahwa penerbaran ikan di Waduk Delingan merupakan bagian dari program clear.cut 2023 bersama dengan BBWS Bengawan Solo.
PJT I ikut serta dalam menjaga untuk menjaga keseimbangan akuatik di Waduk Delingan dan sinergi dengan BBWS dilakukan tentunya agar pengelolaan sumber daya air terutama di wilayah Sungai Bengawan Solo dapat terselenggara dengan baik.
“Penebaran ikan ini adalah upaya PJT I untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum di Waduk Delingan bersama dengan para stakeholder dan mitra terkait menjadi upaya PJT I melibatkan seluruh pihak dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air. Kelompok masyarakat juga kami libatkan tentunya agar semakin banyak pihak-pihak yang berperan aktif untuk menjaga sumber daya air yang kita miliki,” katanya.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024