Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan gempa berkekuatan Magnitudo 4,6 yang terdeteksi menggetarkan daerah ini pada Selasa (27/7) malam belum mempengaruhi lempengan sesar patahan Weleri sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya bencana alam itu.

"Kami memastikan gempa tersebut masih aman karena bencana itu belum sampai menimbulkan kerusakan rumah maupun fasilitas umum lainnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang Ulul Azmi di Batang, Kamis.

Menurut dia, berdasar informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan lokasi gempa berada di 68 kilometer Timur Laut Batang dengan kedalaman 550 kilometer.

"Ya, informasi dari BMKG jika terjadi gempa di laut Batang. Kami langsung memantau hingga pukul 01.00 WIB. Namun, bencana itu belum sampai menimbulkan kerusakan rumah warga maupun fasilitas lainnya," katanya.

Ulul Azmi mengatakan, meski gempa itu tidak terasa oleh masyarakat dan tidak menimbulkan kerusakan rumah maupun fasilitas lainnya, pihaknya tetap melakukan siaga pantauan dan pengecekan di sepanjang pesisir pantai.

Gempa berskala 4,6 Magnitudo ini, kata dia, dipastikan tidak berpengaruh pada lempengan sesar patahan Weleri yang berada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.

Kendati demikian, kata dia, kepada masyarakat agar tetap waspada jika terjadi gempa susulan, apalagi mereka yang berada di wilayah pesisir pantai.

"Kami akan tetap siaga dan melakukan kesiapsiagaan serta keamanan hingga kondisinya aman dan melakukan pembaruan secara berkala," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024