Semarang (ANTARA) - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berkompetisi dalam Taipei International Choral Competition 2023 yang akan digelar 2-4 Agustus 2023.

PSM Undip Semarang menggelar konser prakompetisi di Teater Liem Liang Peng di kompleks SeKolah Nasional Karangturi Semarang, Sabtu, sebagai persiapan penghadapi kompetisi internasional tersebut.

Pimpinan Paduan Suara Mahasiswa Undip Semarang Jefry Franklin Bode menjelaskan 44 mahasiswa akan diberangkatkan dalam kompetisi di Taipei dengan mengusung tema "True Colors".

Menurut dia, mahasiswa dari 11 fakultas dan sekolah di Undip tersebut sudah menjalani seleksi dan latihan keras untuk menghadapi kompetisi paduan suara tersebut sejak bulan Februari 2023.

"Tidak hanya latihan suara, namun juga fisik dan koreografi," katanya.

Ia menjelaskan PSM Undip Semarang akan mengikuti empat kategori lomba dalam kompetisi tersebut.

Ia mengungkapkan terdapat 13 lagu yang akan ditampilkan dalam kompetisi di Taipei ini.

Dari 13 lagu yang disiapkan, lanjut dia, terdapat tiga lagu daerah yang akan dibawakan dalam kategori yang mensyaratkan tim menyanyikan lagu rakyat.

Tiga lagu daerah yang akan dibawakan masing-masing Luk Luk Lumbu daru Banyuwangi, Piso Surit dari Sumatera Utara dan Tak Tong Tong dari Sunatera Barat.

"Tiga lagu daerah tersebut akan membawa nuansa budaya Indonesia ke masyarakat internasional," katanya.


Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024