Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan selama 10-14 Juli 2023.

"Semoga hasil Apeksi ini bisa ditindaklanjuti di Kota Magelang, utamanya untuk melaksanakan peningkatan kegiatan yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan," kata Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Jumat.

Wakil Wali Kota Mansyur didampingi Penjabat Sekda Kota Magelang Larsita hadir bersama dengan 88 wali kota serta pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia dalam kegiatan itu.

Ia menyatakan bersyukur karena Kota Magelang telah mengikuti rangkaian Rakernas Apeksi bertajuk "Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat" itu, dengan lancar.

Kegiatan itu, katanya, menjadi ajang bagi Kota Magelang untuk bersinergi dengan kota lainnya di Indonesia dalam meningkatkan pembangunan dan kemajuan daerah setempat.

Ia optimistis melalui perbandingan dengan daerah lain akan memunculkan semangat untuk meningkatkan kualitas diri.

Penjabat Sekda Kota Magelang Larsita berharap, daerah setempat dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan kota lainnya di Indonesia untuk meningkatkan peran pemerintah terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.

"Beberapa pengalaman 'best practice' (praktik terbaik) dari daerah lain dalam menjalankan pemerintahan menjadi salah satu tujuan kita dalam rangka memajukan Kota Magelang. Tujuan kita adalah peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan rakernas ini bukan sekadar seremoni tetapi juga berbicara tentang substansi, dengan setidaknya tiga pesan utama yang digagas, yakni konsistensi mengawal otonomi, optimistis menuju Indonesia Emas 2045, dan semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah.

Pada Apeksi kali ini, Kota Magelang juga mengirim delegasi pemuda untuk mengikuti Youth City Changer dan kontingen pawai karnaval budaya dengan menampilkan Tari Kuntulan. 

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024