Magelang (ANTARA) - Para pejabat harus bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus sebagai motor penggerak berjalannya roda pemerintahan, kata Bupati Magelang Zaenal Arifin.

"Permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan saat ini tidak mungkin diselesaikan manakala masih bekerja dengan ritme yang lambat," katanya di Magelang, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama eslon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang di Pendopo drh. Soepardi Kabupaten Magelang.

Menurut dia, hadirnya para pejabat yang baru saja dilantik ini diharapkan mampu menjawab sekaligus menjadi solusi dalam menyelesaikan berbagai kendala yang belum terselesaikan.

Sejumlah pejabat yang dilantik, yakni Bambang Hermanto yang sebelumnya sebagai Kepala Bagian Pemerintahan menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Gunawan Yudi Nugroho yang semula menjabat Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kemudian Mulyanto yang sebelumnya sebagai Kepala Bagian Umum menjadi Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga dan M. Taufik yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Zaenal menyampaikan para pejabat yang baru saja dilantik harus bisa belajar dari juru parkir yang sangat menjunjung tinggi komitmen, dedikasi, dan loyalitas, mampu menata dan menjaga meski bukan miliknya.

"Sebagai pemimpin saudara jangan takut untuk mengambil sebuah langkah besar, jika memang itu yang perlu dilakukan, karena tidak mungkin menyeberangi lubang yang besar dalam dua langkah kecil," katanya.

Ia menuturkan pejabat pimpinan tinggi pratama merupakan hasil dari proses panjang uji kompetensi yang dijalani, maka momentum pelantikan ini hendaknya betul-betul diresapi, seiring dengan penghayatan sumpah/janji yang diucapkan.

Menurut dia, tantangan zaman semakin tidak mudah membawa pengaruh terhadap beban kerja yang semakin tidak ringan, untuk itu kepada para pejabat yang hari ini dilantik harus mampu mengimbangi dengan peningkatan ritme dan akselerasi dalam bekerja.

Baca juga: Polres Magelang Kota ajak masyarakat tertib berlalu lintas

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024