Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memasang tiang lampu penerangan jalan umum di 192 titik di sepanjang Jalan Wahidin Sudirohusodo Gang 12 A dan Jenggot sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Soesilo di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pemkot memiliki 7.325 titik penerangan jalan umum yang kini secara rutin dilakukan pengecekan dan pemeliharaan.

"Adapun pemasangan tiang lampu penerangan jalan umum di 192 titik tersebut akan diupayakan bisa selesai 2023. Sebagian sudah kami lakukan pemasangan PJU sedang lainnya masih dalam proses dikerjakan," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang lalu Lintas Moh Karmani mengatakan penambahan seratusan tiang lampu penerangan jalan umum baru yang tersebar di seluruh wilayah itu dapat memberikan kenyamanan masyarakat saat malam hari.

Pemasangan tiang lampu penerangan jalan umum baru itu, kata dia, terbagi tiga klasifikasi yaitu tiang PJU tinggi 7 meter dengan menggunakan anggaran Rp6,3 juta, tiang PJU 6 meter Rp4,75 juta, dan PJU komplit 2200 VA senilai Rp6,38 juta.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan pengecekan dan pemeliharaan di semua penerangan jalan umum secara rutin dengan menerjunkan 2 tim setiap hari.

Pengecekan dan pemeliharaan tersebut, kata dia, meliputi penggantian lampu yang sudah mati, perbaikan tiang penerangan jalan umum dan pembenahan kabel instalasi.

"Untuk pemeliharaan PJU, selain berdasarkan aduan masyarakat, kami juga akan berkeliling (mobile). Kami akan terus pantau agar pemeliharaan PJU sesuai target dan tepat sasaran sehingga kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan terwujud," katanya.


Baca juga: Dishub Temanggung tambah PJU dan pasang reflektor jelang Lebaran

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024