Cilacap (ANTARA) - General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengatakan ibadah kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha sebagai sarana merekatkan persaudaraan, mengamalkan nilai kepekaan, dan kepedulian sosial.

"Tentu saja hal itu menjadi amal perbuatan baik yang akan mendapatkan imbalannya di akhirat kelak," katanya saat memberi sambutan pada Shalat Idul Adha 1444 Hijriyah yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahim, Perumahan Pertamina Gunung Simping, Cilacap, Kamis (29/6).

Ia pun kembali mengingatkan setiap individu untuk rela berkorban dengan harta benda, bahkan jiwa dan raga untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. 

"Jika mau melihat secara nyata di kehidupan masyarakat, masih banyak saudara kita yang tidak mampu membeli daging untuk dikonsumsi karena harganya yang relatif mahal," tegasnya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan amanah yang diberikan negara kepada Pertamina untuk memasok energi nasional, bukan sebagai tugas yang mudah terlebih Kilang Cilacap sebagai yang terbesar di Indonesia.

"Namun dengan mengambil hikmah hari raya kurban, yaitu keteladanan sifat pengorbanan Nabi Ibrahim, insyaallah semua beban dalam pekerjaan akan terasa sangat ringan," jelasnya.

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan Platinum ISRA 2023 berkat kesuksesan PLTH Bondan

Shalat Idul Adha tersebut dipimpin Ustadz Milhan Royani dari Griya Quran Mulia Cilacap yang bertindak sebagai imam sekaligus khatib. Dalam khotbahnya, Ustadz Milhan membuka kembali sejarah kepatuhan Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah SWT untuk menyembelih putra tercinta, Nabi Ismail AS. 

Kepatuhan tanpa keraguan tersebut kemudian dijawab oleh Allah SWT dengan mengirimkan seekor kambing untuk disembelih menggantikan Ismail. 

Usai Shalat Idul Adha dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis seekor sapi kurban oleh GM Kilang Cilacap Edy Januari Utama kepada panitia Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahim Gunung Simping, sebagai tanda digelarnya penyembelihan hewan kurban. 
 
Selain di Masjid Baiturrahim Perumahan Pertamina Gunung SImping, Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban yang dikoordinasi Badan Dakwah Islam (BDI) RU IV itu juga dilaksanakan di Masjid Baiturrahmah Kompleks Perumahan Pertamina Donan dan Masjid Baitussalam Perumahan Pertamina Tegalkamulyan.


Baca juga: Ditjen Bea Cukai kunjungi Kilang Pertamina Cilacap
Baca juga: Kilang Cilacap sukses gelar Kejuaraan Nasional Tembak Reaksi Level 2

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024