Cilacap (ANTARA) - Kesuksesan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dalam program Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) di Dusun Bondan, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. kembali menuai penghargaan. Pada ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2023, kilang terbesar di Indonesia ini membawa pulang predikat Platinum kategori Economic Empowerment.

Penghargaan diberikan langsung oleh Stafsus Bidang Organisasi dan Tata Kelola Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Prof. Ravik Karsidi kepada Area Manager Communication Relations and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna di Solo, Kamis (22/6) malam.

Kategori Economic Empowerment diberikan kepada Kilang Cilacap sebagai apresiasi atas implementasi pemberdayaan masyarakat yang berperan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami tentu bersyukur, program PLTH di Dusun Bondan yang berbasis pada Energi Baru Terbarukan (EBT) kembali mendulang prestasi di bidang tanggung jawab sosial dan lingkungan," kata Cecep.

Baca juga: Ditjen Bea Cukai kunjungi Kilang Pertamina Cilacap

Lebih lanjut, dia mengatakan PLTH di Dusun Bondan yang menggabungkan panel surya dan kincir angin sebagai sumber energi untuk penerangan listrik rumah tangga telah memberikan kontribusi luas. 

"Tidak sekadar menerangi 80 rumah di Bondan, PLTH juga turut meningkatkan perekonomian. Ibu-ibu mampu membuat olahan produk makanan dari potensi lokal ditambah kehadiran koperasi," jelasnya.

Selain itu, kata dia, program PLTH bertajuk Energi Mandiri Tenaga Surya Angin (E Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak Ikan (E Mbak Mina) tersebut juga memunculkan solusi ketersediaan air bersih layak konsusmi berupa Sistem Desalinasi Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) berkapasitas 240 liter/jam.

Selanjutnya, program Masyarakat Mandiri Melalui Tambak Polikultur Biofilter (Mas Kuter) dan upgrading PLTH E-Mas Bayu jalur industri total kapasitas sebesar 16.200 Watt Peak

Cecep mengatakan penghargaan tersebut menjadi tambahan semangat dan energi bagi PT KPI RU IV untuk semakin optimal memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

"Lebih dari kebanggaan meraih penghargaan, bagi kami yang terpenting keberadaan perusahaan energi ini memberikan manfaat besar untuk masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Kilang Cilacap sukses gelar Kejuaraan Nasional Tembak Reaksi Level 2
Baca juga: Hari Donor Darah Sedunia 2023, Kilang Cilacap kumpulkan 496 kantong darah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024