Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kinerjanya dalam mengelola keamanan informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Riena Retnaningrum di Semarang, Jumat, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemprov Jateng yang telah bekerja dengan baik sehingga meraih BSSN Award pada tahun 2023.

“Tentunya ini tidak lepas dari dukungan pimpinan dan kerja sama yang baik oleh jajaran Pemprov Jateng. Seperti yang kita tahu, Pemprov Jateng juga telah memiliki agen CSIRT (Computer Security Insident Response Team) atau tim reaksi cepat penanganan keamanan siber,” katanya.

CSIRT merupakan tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan, serta aktivitas insiden keamanan siber.

Ia mengungkapkan hingga Juni 2023, tercatat sebanyak 11 kabupaten/kota di Jawa Tengah telah meluncurkan CSIRT.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan CSIRT di Jawa Tengah, menambah knowledge melalui bimtek untuk peningkatan sumber daya manusia yang mengelola rumah keamanan siber, sehingga dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

Dia juga berharap pengelolaan keamanan siber dapat terus dikembangkan untuk mendukung peningkatan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di lingkup Pemprov Jateng.

BSSN Award merupakan ajang penghargaan yang kali pertama diselenggarakan BSSN, terdapat empat kategori penghargaan yakni penghargaan penyelenggaraan sertifikasi elektronik, respons penanganan kerawanan, pengelolaan keamanan informasi, dan Adibhakti Sanapati atau penghargaan yang diberikan untuk tokoh yang berjasa di bidang persandian serta keamanan informasi.

Penghargaan diserahkan Kepala BSSN RI melalui Kepala Deputi III Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Sulistyo, kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum, dalam acara BSSN Award 2023 di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/6/2023) malam.

Baca juga: Wali Kota Tegal lepas kontingen KORMI ke Forda Jateng


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024