Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berkesempatan mengunjungi bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia saat melawat ke Korea.
 
Duta Besar Republik Indonesia di Seoul Gandi Sulistiyanto melalui keterangan tertulisnya yang diterima oleh ANTARA di Solo, Rabu mengatakan Gibran mengunjungi bazar UMKM didampingi dengan Ketua TP PKK Kota Surakarta Selvi Ananda.
 
Pada kesempatan tersebut,  Gibran meninjau setiap gerai peserta bazar. Ia mengatakan ada sepuluh gerai yang terdiri dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center, BNI Seoul dan Garuda Indonesia, Warung Mbok Mumun, Cak Gundul, Warung Indonesia Sacheon, RM Sederhana, RM Rinjani, Royal Restaurant, Ulubelu Coffee, dan Foreign Country Mart.
 
"Penyelenggaraan bazar UMKM ini merupakan pertama kalinya dilakukan di era usai pandemi. Secara khusus seluruh produk kuliner yang disajikan telah dikurasi tim KBRI, setiap UMKM menyediakan aneka jenis kuliner khas nusantara dari bakso Solo ke nasi pecel," katanya.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut akan diselenggarakan secara berkelanjutan.
 
"Kami akan terus mempromosikan diplomasi ekonomi kreatif subsektor kuliner kepada masyarakat Korea," katanya.
 
Menurut dia, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan, UMKM memainkan peran integral sebagai motor penggerak ekonomi nasional. Dalam rangka Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan, dikatakannya, bazar menjadi makin istimewa dengan kunjungan Gibran Rakabuming Raka.
 
Bahkan, menurut dia, warga negara Indonesia datang berbondong-bondong untuk bertemu dengan Gibran.
 
"Antrean panjang pada setiap booth menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tidak heran ratusan pengunjung turut hadir, melebihi estimasi kami," katanya.
 
Pada kesempatan yang sama, Gibran mengapresiasi masyarakat Indonesia di Korea Selatan yang bekerja keras mempromosikan produk kulinernya.
 
Bahkan, selama ini Gibran juga dikenal peduli dengan UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengenalkan produk UMKM ke luar negeri yakni pada tahun 2022 Gibran mempromosikan karya UMKM di Paris melalui pagelaran bertajuk Java in Paris.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024