Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara menerjunkan 50 personel untuk mengamankan perayaan Waisak di Lapangan Simo, Desa Blingoh, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

"Kami juga akan bersinergi dengan TNI dan pihak-pihak terkait lainnya sehingga perayaan Waisak nanti berlangsung dengan aman, lancar, dan kondusif," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan di Jepara, Sabtu.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan patroli sekaligus pengecekan menjelang Hari Raya Waisak yang akan dilaksanakan oleh Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Kabupaten Jepara pada tanggal 6 Juni 2023.

Pengecekan juga dilakukan di vihara Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, guna memastikan keamanan peribadatan menjelang Hari Raya Waisak pada hari Jumat (2/6).

Dalam pengecekan vihara tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Sementara itu, Romo Frengky Supriyanto selaku tokoh agama Buddha mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Jepara dan rombongan atas kunjungan silaturahminya sekaligus pengecekan kesiapan kegiatan perayaan Waisak.

"Kedatangan rombongan Polres Jepara merupakan kehormatan bagi kami dan umat Buddha yang berada di Kabupaten Jepara. Kami sudah merasa terlayani oleh Polres Jepara dengan baik karena setiap ada kegiatan ibadah besar, polisi selalu hadir," ujarnya.

Kehadiran aparat keamanan tersebut, kata dia, tentunya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Buddha dalam menjalankan ibadah.

Ia berharap suasana aman, nyaman, serta kedekatan dengan aparat keamanan akan terus berkelanjutan pada hari-hari mendatang.

Dalam kunjungannya ke Vihara, Kapolres Jepara didampingi Kabag Ops Kompol Sutono, Kasat Lantas AKP R. Ade Triken Deayomi, Kasat Intelkam AKP Aris Sulistiono, Kasat Samapta AKP Agus Nurhadi, Kapolsek Donorojo Iptu Sukresno beserta anggota, Bhabinkamtibmas Bripka Feri Hermawan, Babinsa Koptu Kenang, tokoh agama Buddha, dan tokoh masyarakat.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024