Solo (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta telah merampungkan penyaluran cadangan pangan pemerintah melalui Program Bantuan Pangan 2023 sebanyak tiga tahap alokasi yang diamanatkan Badan Pangan Nasional, di Area Soloraya, Jawa Tengah.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Surakarta Andy Nugroho di Solo, Rabu, mengatakan,  penyaluran bantuan pangan pada satu kota dan enam kabupaten di wilayah Soloraya meliputi Surakarta, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri dan Sragen.

"Alhamdulillah sebanyak tiga tahap alokasi bantuan pangan yang diamanatkan Badan Pangan Nasional (BPN) kepada Perum Bulog Cabang Surakarta telah kami rampungkan," kata Andy.

Menurut dia, tentu saja atas koordinasi dan kerja sama yang baik antara Perum Bulog dengan pemerintah kota kabupaten di Soloraya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial, penyaluran bantuan pangan komoditi beras ini, dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk wilayah Soloraya total bantuan yang disalurkan selama tiga tahap alokasi sebanyak 16.962 ton beras untuk masing-masing 565.420 KPM setiap bulan. Penyaluran bantuan pangan disalurkan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah dikoordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian masing-masing Kota Kabupaten mulai  Maret hingga Mei 2023.

Untuk pemenuhan komoditi bantuan pangan dan upaya dalam pemenuhan stok Cadangan Beras Pemerintah, Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta melakukan penyerapan gabah/beras dalam negeri di wilayah Solo raya. 

Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta saat ini, telah melakukan penyerapan gabah atau beras dari para petani lokal dengan skema baik komersil maupun cadangan beras pemerintah (CBP) kurang lebih 23 ribu ton. 

"Selain melakukan penyaluran bantuan pangan, Perum Bulog Kantor Cabang Surakarta juga tengah berkoordinasi terkait keberlanjutan pelaksanaan operasi pasar yang melibatkan Pemerintah Daerah dalam Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan. Bulog Surakarta mulai dari akhir Januari telah melaksanakan kegiatan operasi pasar atau pasar murah lebih dari 140 titik di area Soloraya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta Eko Nugroho Isbandijarso menyampaikan bahwa penyaluran bantuan pangan beras tiga tahap dari bulan April-Juni 2023 untuk warga Surakarta sebanyak 45.920 keluarga penerima manfaat (KPM) telah selesai. Kegiatan penyaluran berjalan dengan lancar. Mudah mudahan bantuan beras ini, dapat meringankan masyarakat Kota Surakarta dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya. 
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024