Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menggandeng Komunitas Elf Mania Cinta Indonesia (EMCI) Jawa dan Bali untuk melakukan eksplorasi pariwisata di wilayah Batang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono di Batang, Selasa, mengatakan bahwa EMCI ini bukan sekadar komunitas mobil saja melainkan juga sekumpulan mobil penumpang pariwisata seluruh Pulau Jawa dan Bali.

"Komunitas EMCI ke Batang ini dalam rangka sinergi menuju kejayaan transportasi dan pariwisata Indonesia, termasuk menjelajah wisata di daerah ini," katanya.

Menurut dia, pihaknya menyambut kehadiran EMCI seluruh Jawa dan Bali ini karena mereka diharapkan dapat mempromosikan pariwisata di daerah ini.

"Agenda hari ini adalah menyosialisasikan wisata-wisata seluruh Kabupaten Batang. Mereka juga dapat mengetahui dan nanti ada keliling menuju Pantai Sigandu dan Safari Beach Jateng dengan para EMCI," katanya.

Yarsono berharap ke depan para pengusaha mobil travel ini bisa bekerja sama dengan pemkab untuk peningkatan jumlah kunjungan wisatawan serta pengenalan lokasi wisata.

Selain itu, kata dia, EMCI yang saat ini beranggotakan 2.200 orang juga memberikan bantuan 20 tempat sampah yang akan disiapkan di masing-masing objek wisata.

"Rencananya tempat sampah ini kami letakkan di lokasi pariwisata yang membutuhkan tempat sampah," katanya.

Ketua Umum EMCI Haidar Rahmatullah mengatakan kehadiran ke Batang ini sebagai momentum dalam menggali potensi wisata di daerah itu yang ternyata memiliki "permata emas".

Secara geografis, kata dia, Kabupaten Batang yang mempunyai gunung dan pantai pada suatu daerah ini sangat jarang sekali.

"Biasanya suatu daerah hanya punya salah satunya saja. Akan tetapi, Kabupaten Batang memiliki keindahan alam seperti gunung dan pantai yang berpotensi untuk ditawarkan pada wisatawan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024