Temanggung (ANTARA) - Pemerintahan zaman sekarang butuh pejabat komunikatif dengan rakyat, yang mungkin berbeda dengan zaman dahulu karena senioritas, kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

"Pemerintahan sekarang butuh pejabat yang nyambung baik itu urusan pekerjaan maupun komunikasi, diskusinya harus nyambung dengan rakyat," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam acara Sapa Warga Bupati Temanggung di Pendopo Pengayoman yang dihadiri ratusan warga.

"Saya berpandangan pemerintah itu harus sejalan dengan denyut nadi masyarakat. Maka, para pejabat pun harus komunikatif, harus bisa memahami keinginan rakyat, dan harus bisa memberikan rasa tanggung jawab kepada apa yang diinginkan oleh rakyat," katanya.

Khadziq menyampaikan akhir-akhir ini terbukti memang benar zaman sekarang negara itu "harus mengikuti apa yang menjadi kata netizen". Netizen mengatakan bahwa Lampung jalannya buruk, orang-orang se-Indonesia melihat Lampung semua.

Bahkan, kata dia, sampai Presiden Jokowi pun harus datang ke Lampung melihat jalan yang rusak itu. Betapa suara rakyat itu sangat penting maka butuh pejabat-pejabat yang nyambung dengan urusan rakyat.

"Banyak sekali kasus seperti ini, yang mana kalau pandangan saya semua pejabat harus punya rasa tanggung jawab dengan pekerjaannya. Alhamdulillah, dengan punya pejabat-pejabat kompeten, yang komunikatif, nyambung semua urusannya dengan masyarakat pemerintahan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei menjelaskan sapa warga ini merupakan kegiatan luar biasa karena sapa warga ini mengandung makna mengevaluasi kegiatan yang ada di RPJMD.

Seperti diketahui bahwa RPJMD Kabupaten Temanggung akan berakhir pada tahun 2023.

"RPJMD sudah ditandatangani Bupati Temanggung pada tahun 2018 dan akan berakhir pada bulan Desember 2023. Banyak capaian yang sudah terealisasi maupun teranggarkan, tetapi ada beberapa kegiatan perlu upaya keras," katanya.

Menurut dia, upaya keras ini masih ada waktu pada bulan Mei sampai Desember 2023 agar bisa tuntas menjadi tercapai semuanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024