Semarang (ANTARA) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Tengah siap menambah jumlah perolehan kursi di DPRD Provinsi Jateng pada Pemilu Legislatif 2024 melalui kader perempuan.
Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsurie mengatakan langkah mencapai target penambahan kursi DPRD telah dimulai saat penyusunan bakal calon anggota legislatif, dimana dari 120 calon yang telah didaftarkan di KPU Jateng, tercatat 44 diantaranya merupakan perempuan.
"Jumlah 44 bacaleg perempuan dari 120 orang yang didaftarkan itu telah melebihi batas ketentuan KPU,” katanya usai mendaftarkan bacaleg di KPU Jateng, Jumat (12/5).
Terkait dengan target raihan kursi, Masruhan menyebut PPP Jateng harus memiliki 13 kursi di Pileg tahun depan atau sama dengan bertambah empat kursi jika dibandingkan saat ini.
Pada Pileg 2014, PPP Jateng mendapatkan delapan kursi, kemudian bertambah menjadi sembilan kursi pada Pileg 2019.
Pihaknya optimistis mampu mencapai target karena saat ini jumlah daerah pemilihan bertambah jika dibandingkan tahun 2014.
Per tahun 2019 jumlah dapil di Jateng menjadi 13 dan kursi di DPRD Jateng bertambah dari 100 menjadi 120 kursi.
Selain itu, banyak kader perempuan yang ikut serta bertarung di Pileg 2024 dan memiliki potensi kuat untuk mendulang suara dan kursi bagi PPP Jateng.
Saat ini, dari sembilan  kursi yang dimiliki Fraksi PPP di DPRD Jateng, tiga diantaranya diduduki kader perempuan partai berlambang kabah itu.
“Saat ini pendidikan politik untuk perempuan di Jateng bagus," ujarnya didampingi Sekretaris DPW PPP Jateng Suyono, bendahara dan perwakilan bacaleg.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024