Solo (ANTARA) -
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten untuk perusahaan baik BUMN maupun swasta.
 
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS Ahmad Yunus di Solo, Jawa Tengah, Kamis, meminta perusahaan dan institusi mitra untuk tidak ragu menerima para lulusan UNS menjadi bagian dari mereka.
 
"UNS telah menyaring ribuan calon mahasiswa untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di sini," katanya di sela acara Job Fair UNS yang diselenggarakan selama dua hari pada 10-11 Mei 2023.
 
Selain itu, menurut dia, mulai tahun ini UNS akan menyelenggarakan wisuda sekali setiap bulannya sehingga akan ada lulusan baru berkompeten setiap bulan di UNS.
 
"Kerja sama yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri akan sangat membantu menggulirkan percepatan penyerapan kerja generasi muda kita," katanya.
 
Sementara itu terkait dengan job fair  tersebut puluhan perusahaan meramaikan bursa kerja yang diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) itu.
 
Kepala CDC UNS Kusnandar mengatakan job fair atau bursa kerja tersebut menyasar para pencari kerja dengan latar belakang pendidikan sekolah menengah hingga sarjana.
 
"Penyelenggaraan Job Fair UNS turut berpartisipasi dalam mendukung ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yakni IKU pertama," katanya.
 
Ia mengatakan IKU berfokus pada persentase lulusan sarjana maupun diploma yang berhasil mendapat pekerjaan, melanjutkan studi, atau menjadi wiraswasta.
 
Beberapa perusahaan yang mengikuti bursa kerja diantaranya BRI, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Pegadaian, dan beberapa perusahaan swasta seperti PT Surya Pemenang, PT Hardo Soloplast.

Baca juga: UNS sediakan fasilitas bagi penyandang tunanetra peserta UTBK

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024