Semarang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Semarang menyediakan layanan pembuatan paspor saat pelaksanaan hari bebas kendaraan atau "car free day" bermotor yang digelar tiap dua pekan sekali di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

"Layanan pembuatan paspor keliling saat pelaksanaan 'car free day' di hari Minggu," kata Kepala Imigrasi Semarang Goentoer Sahat Hamonangan di Semarang, Minggu.

Ia menuturkan layanan tersebut sementara baru tersedia di Kota Semarang mengingat baru ada satu kendaraan layanan keliling yang tersedia.

Menurut dia, masyarakat bisa memanfaatkan layanan keliling tersebut, namun tetap harus mendaftar antrean secara daring

Pada setiap pelaksanaannya, lanjut dia, hanya disediakan kuota untuk 50 orang.

"Jadi nanti mendaftar sampai foto paspor di mobil layanan keliling yang sudah disiapkan," katanya

Ia menjelaskan pada layanan saat hari bebas kendaraan bermotor tersebut hanya untuk pembuatan paspor baru dan penggantian paspor.

"Kalau untuk paspor hilang atau rusak tetap harus datang ke loket layanan yang ada di Kantor Imigrasi Semarang karena ada proses pembuatan berita acara yang harus dilalui," katanya

Adapun biaya pembuatan paspor, lanjut dia, untuk paspor biasa sebesar Rp350 ribu, sedangkan E-Paspor sebesar Rp650 ribu.

Selama periode Januari hingga April 2023, Kantor Imigrasi Semarang sudah menerbitkan sebanyak 23.883 paspor, baik baru maupun pergantian.


Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024