Semarang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Semarang menyebutkan setidaknya ada 19 petahana yang bakal maju kembali sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2024.

"Ada 50 bacaleg, berarti sudah 100 persen ya kesiapannya. Karena kursinya (DPRD Kota Semarang) kan 50, ya harus 50 (bacaleg, red.)," kata Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang Kadarlusman di Semarang, Rabu.

Mengenai komposisi petahana dengan pendatang baru, kata Pilus, sapaan akrab Kadarlusman, anggota DPRD Kota Semarang yang maju kembali sebagai bacaleg ada 19 orang, sementara 31 orang lainnya adalah pendatang baru.

"'Incumbent' ada 19 orang. Kalau kami ada 50 orang, berarti 'new comer'-nya ada 31 orang. Anak-anak muda juga cukup banyak, ada kira-kira 10 orang," katanya.

Ia juga memastikan bahwa partai berlambang banteng tersebut mengakomodasi keterwakilan perempuan dengan memberi porsi 30 persen sebagaimana yang dipersyaratkan.

"Kuota 30 persen (perempuan, red.) itu harus terpenuhi. Kalau tidak kan tidak bisa mendaftar. Harus itu, wajib. Dari masing-masing daerah pemilihan sama 30 persen, dan secara keseluruhan juga 30 persen," katanya.

Demikian pula, kata Pilus yang juga Ketua DPRD Kota Semarang itu, penentuan nomor urut pada bacaleg PDIP yang akan didaftarkan ke KPU Kota Semarang itu juga memprioritaskan perempuan.

"Pendaftaran (bacaleg, red.) untuk PDIP mungkin di pertengahan bulan ini ya. Ditutup kan tanggal 14 Mei 2023, ya kami sebelum tanggal itu minta temen-temen, ajak ke sana (KPU Kota Semarang, red.)," katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Semarang telah membuka pengajuan pendaftaran bacaleg untuk DPRD Kota Semarang pada Pemilihan Umum 2024.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom menyampaikan bahwa pembukaan pendaftaran bacaleg melalui partai politik pada Pemilu 2024 dimulai tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Pembukaan pendaftaran bacaleg itu didasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Sosok yang akrab disapa Nanda itu menyebutkan jam pelayanan pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB untuk tanggal 1-13 Mei 2023, sedangkan hari terakhir tanggal 14 Mei ditutup hingga pukul 23.59 WIB.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024