Karanganyar (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalami ribuan orang yang datang dari berbagai penjuru negeri saat gelar griya di tempat kelahirannya di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Senin.

Sejak pukul 08.00 WIB, ia sudah berdiri di depan Griya Sri Suparmi bersama istrinya, Siti Atikoh dan anak.

Satu per satu, masyarakat yang sudah berjubel sejak pagi berjalan mendekati Ganjar untuk bersalaman dan foto bersama.

Tak ada sedikitpun jeda untuk dia duduk atau sekadar istirahat sebab tamu yang berdatangan terus mengalir hingga pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Biarawati dan difabel ikut ramaikan gelar griya Ganjar Pranowo

Selama itu, Ganjar berdiri dan menyalami tamu yang datang dan hanya istirahat sebentar untuk menunaikan Shalat Dzuhur. Setelah itu, ia kembali menyapa masyarakat dengan senyum terkesan hangat.

“Terima kasih, 'matur nuwun' (terima kasih) sudah datang. Selamat Lebaran ya, maaf lahir batin ya, salam untuk keluarga," kata Ganjar tiap menyalami warga yang bersilaturahim.

Tidak nampak lelah dari wajah orang nomor satu di Jateng yang saat ini menjadi bakal calon presiden diusung PDI Perjuangan pada pilpres mendatang.

Baca juga: Keluarga besar istri Ganjar Pranowo pengasuh sejumlah ponpes

Ia terlihat tetap semangat dan antusias bertemu warga, bahkan semangatnya semakin berkobar saat rombongan organ sukarelawan Ganjar berdatangan.

Kliwon, selaku ketua panitia gelar griya yang dilakukan Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa acara pada Lebaran tahun ini memang digelar berbeda daripada tahun sebelumnya.

Jika biasanya gelar griya hanya untuk warga sekitar, kali ini untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Dari seluruh Indonesia hadir. Dari kelompok relawan saja yang konfirmasi mau hadir sekitar 5.000 orang. Belum dari masyarakat sekitar dan daerah tetangga, kalau 6.000 orang sepertinya lebih," ujarnya.

Pada Lebaran 2023, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan gelar griya di tiga tempat berbeda selama tiga hari berturut-turut, yakni di kediaman istri di Kabupaten Purbalingga, dilanjutkan di kediaman keluarga Ganjar di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, dan terakhir di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Tetangga masa kecil kisahkan Ganjar jualan bensin eceran di Kutoarjo
Baca juga: Jokowi sebut sejumlah nama potensi dampingi Ganjar Pranowo
Baca juga: Analis yakin kader PDIP bakal solid menangkan Ganjar

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024