Banyumas (ANTARA) - Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan masyarakat Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang didukung pengamanan dari Polri dan instansi terkait lainnya siap menyambut Lebaran 2023 dengan aman dan nyaman.

"Dari yang kami lihat tadi, ada lima titik itu alhamdulillah semuanya siap, baik dari sisi personel, peralatan, dan komunikasi," katanya di Pos Pengamanan Lebaran 2023, Ajibarang, Banyumas, Selasa.

Bupati mengatakan hal itu usai memantau lima lokasi Pos Pengamanan Lebaran 2023, yakni di Pos Layanan Stasiun Purwokerto, Pospam Simpang Patikraja, Pospam Simpang Rawalo, Pospam Simpang Wangon, dan Pospam Simpang SPBU Ajibarang.

Bahkan, kata dia, berbagai kemungkinan seperti kemacetan dan permasalahan lainnya sudah disimulasikan dengan baik.

"Jadi, Banyumas siap menyambut Lebaran," tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan di Kabupaten Banyumas terdapat 14 pos yang didirikan dalam rangka Lebaran 2023, yakni satu pos terpadu di Alun-Alun Purwokerto, dua pos pelayanan yang berada di Stasiun Purwokerto dan Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, serta 11 pos pengamanan di titik-titik yang diprediksi ada kerawanan peningkatan arus lalu lintas.

Ia mengatakan dari hasil peninjauan bersama Bupati Banyumas di satu pos pelayanan dan empat pos pengaman diketahui jika pada Selasa (18/4) mulai terjadi peningkatan arus mudik.

"Namun semua personel, baik personel Polri, personel TNI, personel pemda, dan semua yang tergabung bersama mitra kamtibmas sudah bersiaga di pospam untuk membantu kelancaran saudara-saudara kita yang akan mudik ke Banyumas maupun yang sekadar melintas di Banyumas," jelasnya.

Ia memperkirakan puncak arus mudik dari arah jalur pantura yang melintas di wilayah Ajibarang menuju jalur tengah maupun jalur selatan Jateng akan berlangsung pada tanggal 19-20 April 2023.

"Tetapi kapan pun itu, kami selalu siap," tegas Kapolresta.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024