Banyumas (ANTARA) - Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Bobby Anugrah Rachman mengatakan arus mudik dari arah jalur pantura Jawa Tengah yang melintas di Ruas Brebes-Ajibarang menuju jalur tengah dan jalur selatan Jateng pada H-4 Lebaran 2023 masih landai.

"Pagi ini (18/4) untuk arus terpantau ramai lancar. Para pemudik yang datang dari arah Brebes menuju Purwokerto sudah mulai terlihat, satu per satu sudah ada peningkatan namun masih belum signifikan," katanya di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Bahkan, kata dia, kondisi arus mudik pada Selasa (18/4) pagi masih relatif sama dengan situasi pada Senin (17/4) pagi.

Ia memperkirakan arus mudik yang melintas di Ajibarang akan mengalami peningkatan mulai H-3 Lebaran 2023 atau Rabu (19/4) yang merupakan awal cuti bersama dalam rangka Lebaran 2023.

"Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-2 Lebaran atau H-1 Lebaran," jelasnya.

Disinggung mengenai kondisi jalan di sepanjang jalur mudik Kabupaten Banyumas, ia mengatakan berdasarkan pantauan secara umum sudah dalam kondisi bagus dan aman dilalui kendaraan.

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto terkait penanganan kerusakan jalan di sekitar perlintasan sebidang terutama yang berada di jalur mudik.

"Alhamdulillah sudah diperbaiki semua," katanya.

Kendati demikian, dia mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor untuk tetap mematuhi batas kecepatan agar selamat sampai tujuan.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024