Semarang (ANTARA) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Jawa Tengah, berencana membuka pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di pusat perbelanjaan atau mal menjelang Lebaran atau pada 14-16 April 2023.

"Pelayanan di mal ini akan berlangsung tanggal 14-16 April. Nantinya, kami akan lihat mal mana yang banyak pengunjungnya," kata Kepala Bapenda Kota Semarang Indriyasari di Semarang, Jateng, Jumat.

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, Iin, sapaan akrab Indriyasari, mengatakan biasanya banyak masyarakat yang mendatangi mal-mal untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

Karena itu, kata dia, Bapenda membuka pelayanan di pusat perbelanjaan menjelang Lebaran yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan pembayaran PBB.

Jadi, masyarakat juga bisa menyiapkan kebutuhan Lebaran, seperti bahan pokok, pakaian, dan sebagainya, tetapi tetap tidak melupakan kewajibannya dalam membayar pajak daerah.

Selain membayar PBB, lanjut dia, masyarakat juga bisa memanfaatkan pelayanan Bapenda di mal tersebut untuk berkonsultasi terkait apapun yang berkaitan dengan pembayaran pajak daerah.

Lebih lanjut, Iin menjelaskan Bapenda juga memiliki program diskon pembayaran PBB sebesar 10 persen dan pembebasan tunggakan denda PBB.

Mengingat tingginya antusias masyarakat akan program tersebut, kata dia, program yang seharusnya selesai pada hari Jumat ini akan diperpanjang hingga akhir Mei mendatang.

"Pembebasan tunggakan denda PBB dan diskon 10 persen diperpanjang hingga akhir Mei 2023. Program ini tentunya juga dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Semarang," ujarnya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024