Solo (ANTARA) - Seribuan personel TNI-Polri melaksanakan apel bersama memantapkan sinergitas untuk menjamin pengamanan menjelang Ramadhan dalam kegiatan Apel Bersama Sinergitas TNI-Polri Eks Wilayah Surakarta, di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Selasa.

Menurut Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, TNI-Polri melaksanakan sinergitas intinya akan menjamin apa yang akan dilaksanakan ke depan itu, kegiatan nasional maupun internasional dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Sebanyak 1.269 personel yang ikuti Apel Bersama Sinergitas TNI Polri Eks Wilayah Surakarta. TNI-Polri Eks Wilayah Surakarta hadir siap mendukung kegiatan nasional dan internasional 2023 dan Pemilu 2024, dalam rangka peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Kami tahu Kota Solo menjadi pusat kegiatan besar dalam waktu dekat bulan Ramadhan Idul Fitri dan yang internasional kejuaraan Piala Dunia U-20 karena disorot oleh dunia internasional. Kami meyakinkan kegiatan berjalan lancar dan tidak ada konflik-konflik kecil yang membahayakan bagi para pemain peserta Piala Dunia," kata Danrem.

Selain itu, kata Danrem yang jangka panjang tahapan-tahapan Pemilu 2024, hal yang sangat penting disiapkan dari sekarang pengamanannya bagaimana sudah mulai dipersiapkan tahapan-tahapan. Sehingga, puncak kegiatan Pemilu 2024 dilaksanakan dengan aman dan tertib.

"Pengamanan Pemilu saya kira semua daerah akan sama. Namun, di Solo yang ada kegiatan internasional yang banyak akan hadir dari berbagai negara menjadi perhatian bersama sehingga sinergitas TNI-Polri terus ditingkatkan," katanya.

Intinya wilayah Kota Solo diyakinkan harus kondusif untuk kepentingan lebih besar. Pihaknya ingin dunia internasional dapat memberikan kepercayaan kepada Negara Indonesia khusus Solo. Sehingga, ke depan kegiatan-kegiatan besar itu, semakin banyak di Kota Solo yang berdampak positif kepada masyarakat setempat.

"Solo harus aman dan nyaman sehingga kegiatan baik nasional maupun internasional semakin banyak serta berdampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat," katanya.

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi menjelaskan kegiatan Apel Bersama Sinergitas TNI-Polri digelar untuk memantapkan menjaga stabilitas keamanan di Solo menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Khususnya di Solo Raya Jateng menjadi tujuan pemudik dipastikan akan banyak orang datang di daerah ini, sehingga jaminan keamanan disiapkan sedini mungkin.

"Pengemban tugas keamanan pada TNI-Polri, artinya tugas bagian terbesar garda terdepan pengamanan di daerah ini. Kami memantapkan sinergitas ini, untuk meyakinkan masyarakat Solo aman dan nyaman," katanya.

Selain itu, Solo ini, akan menjadi tuan rumah ajang internasional Piala Dunia U-20, sehingga jaminan keamanan menjadi prioritas utama. Keamanan ini, akan menjadi landasan bagi semuanya baik itu, pembangunan untuk meningkatkan perekonomian maupun kegiatan internasional dengan mendatangkan negara-negara asing di Solo menjadi salah satu wajah Indonesia.

Baca juga: Pemkot Semarang targetkan pembenahan Pasar Penggaron rampung sebelum Ramadhan

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024