Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto akan mengoperasikan dua KA tambahan pada masa angkutan Lebaran 2023, kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat.

"Ada dua KA tambahan yang akan dioperasikan, yakni KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Pasarsenen PP dan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Kroya-Bandung PP," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan secara keseluruhan, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan 1.140 tempat duduk per hari untuk dua KA tambahan Lebaran 2023 itu.


Menurut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api pada momentum Lebaran 2023

Selain dua KA tambahan tersebut, kata dia, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga dilewati atau dilayani lima KA tambahan dari Daop lain, yakni KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir PP yang dioperasikan pada 6-30 April.

Selanjutnya, KA Argo Lawu Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP, KA Argo Dwipangga Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP, KA Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP, dan KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong PP yang dioperasikan pada tanggal 12-30 April.

"Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan pada masa Lebaran, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Daniel.


Dia mengatakan tiket KA tambahan untuk masa angkutan Lebaran 2023 tersebut sudah mulai dijual pada Senin (13/3), pukul 00.00 WIB, serta dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, Contact Center 121, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

"Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," tegasnya.

Terkait dengan penjualan tiket KA jarak jauh pada masa angkutan Lebaran 2023, Kadaop mengatakan berdasarkan data per hari Senin (13/3), pukul 12.00 WIB, untuk KA keberangkatan awal PT KAI Daop 5 Purwokerto periode 12-26 April 2023 telah terjual 46.426 tiket atau sekitar 17 persen dari total tiket yang disediakan.

Menurut dia, jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan tiket untuk masa angkutan Lebaran 2023 masih berlangsung. 


Baca juga: KAI Daop 6 operasionalkan KA tambahan dari Solo Balapan saat Lebaran

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024