Solo (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta memberikan penghargaan kepada wali kota hingga pengusaha pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

"Pemilihan tokoh-tokoh yang mendapatkan penghargaan sudah berdasarkan seleksi," kata Ketua PWI Kota Surakarta Anas Syahirul di Solo, Rabu.

Untuk pemberian penghargaan dilakukan bersamaan dengan pentas ketoprak dengan lakon Panji Ngengleng di Auditorium RRI Surakarta, Selasa (28/2) petang.

Ia mengatakan beberapa tokoh yang memperoleh penghargaan sebagai tokoh inspiratif tersebut, di antaranya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, tokoh masyarakat Sumartono Hadinoto, Rektor UNS Jamal Wiwoho, dan pengusaha kuliner Puspo Wardoyo.

Pemilik Wong Solo Grup tersebut, lanjutnya, terpilih untuk mendapatkan penghargaan Tokoh Inspiratif Peduli UMKM, karena kepeduliannya terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bahkan, sebagai wujud kepeduliannya tersebut, Puspo juga menyediakan lahan di Kali Pepe Land untuk berjualan para pelaku UMKM agar bisa bangkit usai pandemi COVID-19.

Sebagai perwakilan dari Puspo, Raja Al Kautsar, putra dari pengusaha asal Solo tersebut mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh PWI kepada ayahnya.

Ia juga mengapresiasi pementasan tersebut, karena menjadi bukti nyata adanya hubungan yang baik antara pemerintah, jurnalis, dan pengusaha.

"Melalui pentas ini ada sinergi antara wartawan, pengusaha, dan pejabat untuk melestarikan budaya kita Kota Solo terutama," katanya.

Ia berharap ke depan akan makin banyak pengusaha yang juga memiliki kepedulian tinggi dan berkontribusi terhadap perkembangan UMKM sekaligus budaya daerah.

"Kami dari kalangan pengusaha juga berharap ada sinergi positif dengan teman-teman wartawan. Informasi program-program dari pemerintah bisa disebarluaskan oleh teman-teman wartawan," katanya.

Sementara itu, Gibran mendapat penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Pemimpin Muda Inovatif, Sumartono Hadinoto sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Kemanusiaan, Rektor UNS Jamal Wiwoho sebagai Tokoh Inspiratif Bidang Inovasi Pendidikan, dan Rektor UMS Sofyan Anif sebagai Tokoh Inspiratif Bidang Manajemen Pendidikan.

Selain itu, ada Komandan Korem 074/ Warastratama Kol Inf Anan Nurakhman, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, dan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan sebagai Tokoh Inspiratif Pemimpin dan Mitra Informatif.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024