Semarang (ANTARA) - Sejumlah UMKM di Kota Solo mengakui adanya kenaikan omzet dengan Tokopedia di antaranya The Daily Smith, UMKM yang memproduksi tas kulit berbahan sintetis ini penjualan produknya naik hampir 40 persen.

Deny Setiawan, pemilik usaha The Daily Smith mengaku kenaikan omzetnya terlihat setelah dirinya memanfaatkan memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye di Tokopedia seperti Flash Sale dan Top Ads.

Hal sama juga diakui Head of Ella Beauty Store Yaenal. Yaenal menjelaskan sejak bergabung di Tokopedia dan aktif memanfaatkan fitur broadcast, Waktu Indonesia Belanja (WIB), dan TopAds membantunya meningkatkan penjualan bahkan hingga dua hingga tiga kali lipat setiap bulannya.

“Di sisi lain, Ella Beauty juga selalu memberikan pelayanan terbaik seperti memberikan konsultasi agar konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya,” katanya.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan jmlah transaksi yang menggunakan layanan Tokopedia di Kota Solo naik lebih dari 2,5 kali lipat pada 2022 dibandingkan 2021.

“Kenaikan juga terjadi pada jumlah penjual yang memanfaatkan layanan dilayani Tokopedia di Kota Solo sebesar lebih dari dua kali lipat pada periode 2022 dibanding 2021,” katanya.

Baca juga: Tokopedia dukung UMKM perempuan Kota Semarang adaptasi digital

Data internal, lanjut dia, Tokopedia mencatat Kecamatan Pasar Kliwon, Jebres, Laweyan, Banjarsari, dan Serengan menjadi kecamatan dengan kenaikan transaksi tertinggi di Kota Solo selama periode 2022 dibanding 2021.

Inisiatif hyperlocal Tokopedia tersebut diharapkan dapat mendorong pemerataan ekonomi nasional secara digital di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah bekerja sama dengan mitra strategis demi mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk di Kota Solo.

Tokopedia bersama Pemerintah Kota Solo berkolaborasi menyediakan kemudahan bertransaksi PBB melalui Tokopedia, hasilnya transaksi PBB tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan 2021.

“Tokopedia berharap dengan berbagai inisiatif yang dihadirkan dapat terus mendukung para pegiat UMKM lokal untuk semakin berkembang dan dapat menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia sehingga bisa menjadi raja di negeri sendiri,” tutup Ekhel.

Baca juga: Dukung UMKM Jateng bangkit, Tokopedia gencarkan Hyperlocal
Baca juga: Selama 2021, transaksi Tokopedia di Jateng-Solo meningkat hampir dua kali lipat


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024