Grobogan (ANTARA) - Kalangan Nahdlatul Ulama dan pengurus Partai Kebangkitan Bangsa se-Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, melakukan konsolidasi merespons munculnya dorongan Ketua DPW PKB Jawa Tengah M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) maju sebagai salah satu kandidat pada Pilgub Jateng 2024.
Konsolidasi diwujudkan dengan menggelar Halaqoh Politik Kebangsaan Ranting NU dan Ranting PKB se-Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan.
Hadir dalam acara itu Wakil Ketua DPW PKB Jateng Denny Septiviant, Ketua DPC PKB Grobogan Mustain, Wakil Ketua DPRD Grobogan HM. Nurwibowo, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Grobogan Kiai Musyafa Zein, Ketua Dewan Syuro PAC PKB Kecamatan Kedungjati Kiai Qomarudin, Ketua PAC PKB Kecamatan Kedungjati, Novem Ariya Kusuma, Ketua MWC NU Kedungjati Ustad Samuli, serta 300 orang pengurus Ranting NU, Banom NU dan PKB se-Kecamatan Kedungjati.
Ketua MWC NU Kecamatan Kedungjati Ustad Samuli mengatakan bahwa usulan agar Gus Yusuf maju sebagai calon Gubernur Jateng disambut gembira oleh pengurus ranting NU di Kecamatan Kedungjati.
“Semua anggota jajaran ranting sangat mendukung sekali dan siap menggerakkan semua pengurus ranting untuk bisa memenangkan PKB dan Gus Yusuf sebagai Gubernur Jateng pada Pilgub mendatang,” katanya.
Ketua PAC Kedungjati Novem Ariya Kusuma mengaku langsung melakukan konsolidasi ke seluruh jajaran dan pengurus ranting begitu mendapatkan kabar bahwa Gus Yusuf akan dicalonkan sebagai gubernur Jateng.
“Hari ini kami inisiatif menggelar konsolidasi dengan mengajak struktur NU dan kiai-kiai kampung, kami akan sukseskan Gus Muhaimin Presiden, Gus Yusuf Gubernur dan Pemilihan legislatif di semua tingkatan,” tegasnya.
Hal senada disampaikan Ketua Dewan Syuro, Kiai Qomarudin yang mengaku sudah melakukan komunikasi dengan para kiai dan kalangan pesantren menyambut usulan Gus Yusuf sebagai calon gubernur.
Ketua DPC PKB Kabupaten Grobogan Mustain menyampaikan, kesediaan Gus Yusuf sebagai valon Gubernur Jateng adalah harapan dari kader.
“Kami sebagai kader PKB di Kabupaten Grobogan sangat gembira dan senang dengan usulan Gus Yusuf akan dicalonkan sebagai Gubernur Jateng, tanpa diperintah kami segera bekerja. Satu paket Gus Muhaimin Presiden dan Gus Yusuf gubernur,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Ketua DPW PKB Jateng Denny Septiviant sangat berterima kasih atas sambutan yang luar biasa terkait wacana Gus Yusuf sebagai Calon Gubernur Jateng.
“Ini sangat luar biasa sekali, saya banyak dihubungi pengurus NU dan PKB di berbagai daerah dan berbagai level termasuk hari ini di Kedungjati. Para Pengurus sangat kompak dan bertekad memenangkan PKB dan Gus Yusuf di wilayahnya. Satu paket digabung dengan kampanye Gus Muhaimin presiden, yang memang sudah lama jalan,” kata Denny yang juga anggota DPRD Provinisi Jawa Tengah.
Usulan agar Gus Yusuf maju Pilgub Jateng pada 2024 tersebut muncul saat Diskusi Refleksi Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di halaman Kantor DPW PKB Jateng, Semarang.


Pewarta : Wisnu AN
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024