Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali menjadi fasilitator kejuaraan Kosegu Championship XI Tapak Suci Putera Muhammadiyah Banyumas di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Jumat (10/2).

Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (12/2) itu diikuti sedikitnya 700 peserta dari usia dini hingga dewasa.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pimpinan Daerah Tapak Suci 041 Banyumas M. Thoriq Nur Ikshan, M.Pd. mengharapkan kegiatan tersebut dapat mempererat persaudaraan dan menjalin Ukhuwah Islamiyah sesama kader tapak suci.

"Jangan sampai kegiatan ini menimbulkan keretakan, menimbulkan permusuhan, dan perselisihan, karena satu hal yang harus diperhatikan, kita ini berlandaskan Islam, motto kita adalah dengan iman dan takwa," tegasnya.

Baca juga: Language Development Center UMP gelar English Fest

Sementara dalam sambutan Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso yang disampaikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Efi Miftah Faridli, M.Pd. mengatakan UMP menyediakan beasiswa untuk atlet dan kegiatan tersebut diharapkan dapat memunculkan kader-kader Tapak Suci yang berprestasi.

“UMP menyediakan beasiswa untuk atlet, jika adik-adik nanti terus berprestasi tingkat nasional, internasional, nanti bisa daftar ke UMP dan akan diberikan beasiswa," jelasnya.

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si. mengatakan kader-kader Tapak Suci harus memiliki jiwa kesatria untuk membela kebenaran dan tetap bersandar pada Tuhan yang punya kehidupan.

"Pastikan Tapak Suci bisa menghasilkan pendekar-pendekar yang punya jiwa kesatria untuk membela kebenaran dan mencintai bangsanya dan tidak melupakan Tuhannya," kata Joko. (ata/tgr)

Baca juga: Ma'had Al-Imam Malik UMP jalin kerja sama dengan LIPIA Surabaya
Baca juga: Rektor UMP ingatkan pentingnya PHBS pascabencana di Cianjur

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024