Magelang, Jateng (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata, kata Kepala Disparpora Slamet Ahmad Husein.

Ahmad Husein, di Magelang, Senin, mengatakan saat ini merupakan waktu yang baik untuk bangkit menggenjot pertumbuhan pariwisata Indonesia.

"Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia telah diluncurkan untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri. Mendongkrak pertumbuhan wisatawan Nusantara hingga dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, penting berkolaborasi, bekerja sama, memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan kegiatan yang menarik, menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing.

Terkait hal tersebut, katanya, Disparpora Kabupaten Magelang telah melakukan strategi, antara lain inovasi dengan memetakan segi potensi atau penguatan.

Bukan sekadar bertahan sehingga diyakini dapat menangkap peluang untuk menarik wisatawan domestik sebagai targetnya.

Kemudian, kolaborasi dengan mengedepankan komunikasi terbuka dan kerja sama antarpihak yang makin sinergi serta menghadirkan beberapa kegiatan ternama bersama pemangku kepentingan.

Disparpora Kabupaten Magelang juga berkomitmen tinggi dalam membangun kepariwisataan berbasis budaya berlandaskan kearifan lokal.

Ia menuturkan tidak dapat dipungkiri secara konkret dan nyata keberadaan pariwisata telah memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang.

"Untuk itu, sektor pariwisata harus terus dibangun secara serius disesuaikan dengan potensi alam, budaya yang dimiliki setiap daerah. Pariwisata yang dibangun dengan baik dan dikelola dengan baik akan berdampak ganda," katanya.

Ia menyampaikan informasi terkait kegiatan yang akan dilakukan oleh Disparpora Kabupaten Magelang tahun 2023. Pertama, di bidang pemasaran dan ekonomi kreatif akan diadakan ajang pemilihan Duta Wisata Tahun 2023 setelah selama dua tahun tidak terselenggara karena COVID-19.

Kemudian, di bidang industri pariwisata juga telah dibangun Menara Langit Ketep Pass, sebuah wahana baru di wisata Ketep Pass dengan panorama Gunung Merapi yang memanjakan wisatawan.

Di bidang kepemudaan dan olahraga tahun 2023, akan didirikan GOR multievent sebagai sarana perluasan kawasan Kompleks Sport Center Kabupaten Magelang.

"Selanjutnya pembangunan destinasi dan industri pariwisata di Kali Bening, Payaman, dengan fasilitas yang baru," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024