Semarang (ANTARA) - Sebanyak 5.124 pelajar SMA/ SMK dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia meramaikan Dinus Festival 2023 yang digelar oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Semarang, Dr Kusni Ingsih dalam siaran pers di Semarang, Rabu, mengatakan, para pelajar dan mahasiswa tersebut akan bersaing dalam 63 perlombaan olahraga, seni, maupun penalaran.

Menurut dia, setelah tiga tahun pandemi COVID-19, kegiatan Dinus Festival kembali digelar secara luring.

"Jumlah peserta tahun ini meningkat drastis di banding tahun sebelumnya," katanya.

Selain dari wilayah Semarang, para pelajar dan mahasiswa yang berpartisipasi tersebut datang dari wilayah Medan, Makassar, Pontianak, Denpasar, Jakarta, serta Surabaya.

Dari berbagai perlombaan tersebut, menurut dia, terdapat empat ajang yang dinilai paling bergengsi untuk diperlombakan, yakni Dinus Application Competition (Dinacom), DN Robotic Competition, Loptasiku, dan Dinus E-Sport Championship.

Kegiatan yang akan digelar selama lebih kurang dua pekan itu, kata dia, diharapkan bisa menjadi wadah untuk para peserta dalam berkreativitas melalui kompetisi yang adil.

Ia menambahkan Udinus juga menyediakan beasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta ini bagi para juara.

"Untuk juara dari kategori pelajar SMA/ SMK akan diberikan beasiswa untuk menempuh pendidikan di Udinus," demikian Kusni Ingsih.

Pewarta : I.C.Senjaya
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024