Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 2.161 calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengikuti seleksi tes tertulis di masing-masing kecamatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim di Temanggung, Senin, mengatakan calon anggota PPS tersebut mengikuti tes tertulis secara serentak di 19 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Ia menuturkan sebanyak 2.161 calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis dari 289 desa/kelurahan tersebut telah lolos administrasi dari sekitar 2.600 pendaftar melalui aplikasi Siakba.

"Mereka yang tidak bisa mengikuti tes tertulis karena ada yang belum lengkap berkasnya, kemudian tidak dilanjutkan di aplikasi Siakba," katanya.

Baca juga: Persiapan Pemilu 2024, KPU Surakarta seleksi tertulis 538 calon anggota PPS

Menurut dia, tes tertulis dilaksanakan di SMP negeri di masing-masing kecamatan, kecuali di Kecamatan Parakan dan Ngadirejo karena di tidak ada tempat parkir.

Yusuf menyampaikan untuk anggota PPS nanti akan diambil tiga orang di setiap desa. Nanti akan diambil sembilan besar dari hasil tes tertulis ini.

"Tahapannya setelah tes tertulis dilanjutkan dengan tes wawancara diambil enam besar, yakni tiga menjadi anggota PPS dan tiga menjadi PAW," katanya.

Ia menuturkan yang bertugas membentuk PPK, PPS sampai KPPS adalah KPU, namun karena PPK sudah terbentuk di Kabupaten Temanggung, maka tugas ini dilimpahkan ke PPK untuk membantu KPU menyeleksi PPS atau KPPS.

Dalam perekrutan anggota PPS , katanya, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), maka ASN maupun perangkat desa bisa menjadi penyelenggara pemilu.

"Peserta tes tertulis calon anggota PPS di Kabupaten Temanggung persentasenya tidak sampai 30 persen," katanya.

Menurut dia, integritas dan netralitas ASN maupun perangkat desa sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemilu. 

Baca juga: Peminat anggota PPS di Kabupaten Banyumas tinggi, pendaftar capai 4.545 orang
Baca juga: 2.160 orang daftar calon anggota PPS di Temanggung
Baca juga: KPU Kudus siap rekrut 396 PPS

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024