Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menjamin ketersediaan komoditas pangan masih aman hingga perayaan Tahun Baru 2023 karena stoknya mencukupi dan pasokannya juga lancar.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Selasa, mengatakan bahwa untuk pemenuhan kebutuhan, khususnya bahan pangan pokok masih relatif aman karena pasokan maupun persediaan komoditas masih mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Tahun Baru 2023.

"Stok cukup, harganya pun (komoditas pangan) juga relatif stabil, jika pun ada kenaikan tidak terlalu signifikan, apalagi belum lama ini kami juga menggelar operasi pasar. Insya Allah, semuanya aman hingga Tahun Baru 2023," katanya.

Lani Dwi Rejeki juga memerintahkan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) untuk melakukan pengecekan stok komoditas pangan dan memastikan harga masih stabil.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan hingga kini harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, jika pun terjadi kenaikan harga masih dalam batas wajar.

"Kami imbau masyarakat tidak perlu panik dengan melakukan aksi borong. Kami menjamin stok komoditas pangan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan Tahun Baru 2023," katanya.

Dikatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok, pihaknya bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) terus melakukan pantauan ke sejumlah pasar tradisional untuk memastikan stok maupun pasokan dan harga masih aman.

Saat ini harga beras IR-64 kualitas medium Rp10.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp15 ribu per liter, daging ayam ras Rp33.500/kilogram, telur ayam ras Rp30 ribu/kilogram, gula pasir Rp13 ribu/kilogram, daging sapi Rp125 ribu/kilogram. "Kami menilai saat ini harga kebutuhan pokok di pasaran masih stabil. Kami pastikan stok komoditas pangan masih mencukupi kebutuhan masyarakat dengan harga relatif stabil," kata Subiyanto.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024