Pekalongan (ANTARA) - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menjalin kerja sama dengan 13 perusahaan di eks Keresidenan Pekalongan, Jawa Tengah, guna meningkatkan kesejahteraan buruh. 

Kerja sama ini untuk menjamin kelancaran pelaksanaan program-program yang membantu peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh serta keharmonisan hubungan industrial.

Kerja sama ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan antara GBB dengan Paguyuban HRD eks Karesidenan Pekalongan (PHRD) di Hotel Horison Pekalongan, Jumat.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim menjelaskan bahwa nota kesepakatan ini merupakan salah satu kontribusi dari para pendukung Ganjar Pranowo dalam hal pemikiran dan tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan meningkatkan hubungan industrial sehingga menjadi lebih harmonis.
“Ganjaran Buruh Berjuang hadir untuk menjalin kerja sama dengan para stakeholder hubungan industrial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para buruh," katanya.
Ia menyebut kerja sama ini penting untuk mengawal program kesejahteraan buruh, terutama bagi buruh yang tidak berserikat atau tidak berafiliasi ke federasi buruh.
“Sebenarnya ajakan kerja sama ini kami lakukan untuk membangun strategi alternatif untuk menyejahterakan buruh di luar dari hal-hal yang normatif, serta kemajuan ekonomi melalui penguatan industry nasional,” ujarnya.
Ketua Dewan Pembina GBB Feri Indrianto menambahkan, kerja sama dengan HRD ini diharapkan dapat menggali memberikan solusi terbaik bagi buruh dalam hal kesejahteraan dan lainnnya.
Sementara itu, Ketua Paguyuban HRD eks Keresidenan Pekalongan Rizky Nuansa Hadyan menyambut baik ajakan kerja sama dari GBB.
Ia menilai tawaran tersebut merupakan hal yang baik dan dapat menjadi laternatif disaat perusahaan belum mampu berbuat untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.
Penandatanganan kerja sama ini dilakukan dengan sadar dan tidak ada paksaan.
Dirinya berharap kerja sama ini dapat membantu merumuskan kebijakan yang menguntungkan pihak buruh, namun sekaligus tidak membebani pihak perusahaan.
“Dengan hadirnya suasana yang kondusif, niscaya akan semakin meningkatkan dan hadirnya kepastian dunia usaha," katanya.
13 piagam kerja sama ditandatangani oleh Paguyubann HRD eks Keresidenan Pekalongan yakni PT Ara Nuansa Katumbiri, PT Daiwabo Garment Indonesia, PT Kabana Textile Industries, PT Panamtext, PT Dwi Manunggal Aura, PT Bama Prima textile, PT Dae Young Textile, PT Urip Sugiharto,  PT Bintang Tri Putratext, CV Biuntang Prakasa, PT Retota Sakti pekalongan, dan PT Primatextco Indonesia.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024