Batang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ingatkan partai politik peserta Pemilu 2024 tidak mencuri start kampanye karena saat ini belum masuk tahapan jadwal kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Mahbrur di Batang, Jumat, mengatakan bahwa parpol peserta Pemilu 2024 harus lebih bersabar menunggu tahapan jadwal kampanye sesuai regulasi yang ada, yaitu 75 hari sebelum hari tenang.

"Tahapan kampanye sudah punya jadwal tersendiri, yaitu 75 hari sebelum hari tenang. Oleh karena itu, kami mengimbau parpol peserta pemilu menaati regulasi yang ada, jangan sampai mencuri start, " katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang mengawasi tiga tahapan pemilu, yaitu pemutakhiran data pemilih, pengawasan pendaftaran calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI, dan tahapan daerah pemilihan.

Terkait publikasi kinerja pengawasan, pencegahan, dan penanganan pelanggaran pemilu. Mahbrur berharap publikasi kinerja ini bisa menjadi sarana transparansi dan tanggung jawab bawaslu pada publik.

Bawaslu, kata dia, turut mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kabupaten Batang dari segi sarana dan prasarana, Khususnya dalam memfasilitasi kelengkapan sekretariat.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menilai kinerja Bawaslu Batang bisa dikatakan cukup bagus lantaran sukses menjalankan program kerja dengan baik seperti program rutin, wajib ("mandatory"), inovasi, dan kreasi.

"Kegiatan inovasinya sungguh luar biasa. Kalau yang rutin dan mandatory itu pasti wajib dilakukan. Inovasi bawaslu banyak hal termasuk kreasinya, termasuk buku yang disusun bawaslu yang mempunyai manfaat bagi masyarakat," katanya.***2***
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024