Magelang (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang berkolaborasi dengan Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan kitabisa.com menyalurkan bantuan sembako serta edukasi makanan bergizi dan pola hidup sehat kepada kalangan lanjut usia dan anggota keluarga prasejahtera. 

Kepala Dinsos Kota Magelang Bambang Nuryanta dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Rabu, menjelaskan tujuan kegiatan itu memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat prasejahtera duafa tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat di usia senja.

Kegiatan di Pendopo Pengabdian Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Selasa (20/12) itu, dengan sasaran 200 orang, terdiri atas 100 lansia keluarga prasejahtera dan 100 pendamping pendamping atau anggota keluarga lanjut usia prasejahtera. 

Dalam kegiatan yang sekaligus peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial setiap 20 Desember itu, setiap paket sembako, antara lain berupa beras, minyak goreng, gula pasir, telur, dan susu.

"Bantuan yang kami berikan, selain dari APBD juga dari para donatur, seperti Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan kitabisa.com. Harapannya kegiatan ini bisa kontinyu dilaksanakan di masa yang akan datang," katanya.

Pemberian bantuan merupakan bagian dari tugas Dinsos sebagai upaya pengentasan kemiskinan, sedangkan sasarannya antara lain lansia, penyandang disabilitas, dan kaum duafa.

Saat ini, katanya, tercatat 22.000 kepala keluarga (KK) di daerah setempat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sejak 2015. 

"Kami masih survei apakah data tersebut layak atau tidak layak diberi bantuan," ucapnya.

Seorang perwakilan kitabisa.com, Astri, menerangkan kitabisa.com merupakan platform penggalangan dana di Indonesia sejak 2013. Saat ini sudah lebih dari enam juta orang baik yang telah menyalurkan bantuan kepada 100.000 galang dana tersebar di seluruh Indonesia.

"Beberapa tahun belakangan kitabisa.com sudah hadir di seluruh kota dan provinsi di Indonesia, salah satunya di Magelang. Dalam perjalanannya kami berkolaborasi dengan berbagai yayasan dan komunitas, juga dengan Pemkot Magelang," katanya.

Ia mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam acara untuk mewujudkan gotong royong dari warga untuk warga itu.

Ia mengharapkan kegiatan itu memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat dan berkelanjutan.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan terima kasih kepada tim kitabisa.com dan Yayasan Sandal Jepitan Bareng yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat lansia dan anggota keluarga prasejahtera di wilayah itu.

"Panjenengan (anda) beruntung, tidak semua lansia beruntung, akan lebih beruntung jika sebagian bantuan ini juga diberikan kepada tetangga panjenengan yang membutuhkan. Ini wujud syukur dan meredam rasa iri," katanya.
 

Pewarta : Hari
Editor : M Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024