Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan skenario pengamanan di sejumlah objek wisata saat momentum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami sudah siapkan rencana untuk membentuk 32 pos pengamanan gabungan yang melibatkan 132 personel dari unsur Pemkab Banyumas, TNI, dan Polri," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo di Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Menurut dia, 32 pos pengamanan gabungan itu akan dibentuk di setiap objek wisata yang ada di Banyumas maupun persimpangan jalan menuju objek wisata guna mengantisipasi kemacetan.

Ia mengakui sebagian besar pos pengamanan gabungan berada di Kecamatan Baturraden karena di wilayah tersebut banyak terdapat objek wisata.

"Pos pengamanan gabungan ini akan melaksanakan kegiatan saat libur Natal pada tanggal 24-25 Desember 2022 dan liburan Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023," jelasnya.

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, kata dia, pembentukan pos pengamanan gabungan tersebut juga dalam rangka memberikan kenyamanan bagi pengunjung objek wisata serta meminimalisasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan termasuk kecelakaan.

Ia mengharapkan kondisi cuaca pada masa liburan Natal dan Tahun Baru cerah, sehingga jumlah pengunjung objek wisata di Banyumas bisa maksimal.

Dalam hal ini, dia mencontohkan jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden saat liburan bisa mencapai 10.000 orang per hari, sedangkan di Taman Mas Kemambang berkisar 2.000-2.500 orang per hari.

"Semoga apa yang kita upayakan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan bisa dinikmati," kata Wardoyo.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024