Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 800 calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengikuti tes berbasis komputer atau "computer assisted test" (CAT) di SMKN 1 Temanggung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim di Temanggung, Selasa, mengatakan mereka yang mengikuti CAT merupakan yang lolos seleksi administrasi.

"Pendaftaran badan ad hoc dalam hal ini panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Temanggung melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) sebanyak 1.400 orang, namun yang lolos administrasi hanya 800 orang," katanya.

Menurut dia, mereka yang tidak lolos administrasi karena ada yang hanya membuat akun kemudian tidak melengkapi berkas-berkas di SIAKBA.

Ia menyampaikan setelah CAT ini selesai diumumkan nilai masing-masing kemudian diambil 15 orang dengan nilai tertinggi di setiap kecamatan.

Kemudian pada 9-11 Desember 2022 dilaksanakan tes wawancara untuk 15 orang yang akan disaring menjadi lima anggota PPK.

Yusuf menuturkan ada 75 soal dalam CAT dengan materi tentang wawasan kebangsaan, kepemiluan, dan penyelenggaraan pemilu.

Kepala SMKN 1 Temanggung Tri Setyo Budi menyebutkan ada enam ruang laboratorium komputer yang disediakan untuk CAT calon anggota PPK.

Pelaksanaan CAT dilaksanakan tiga sesi setiap hari yang digelar selama dua hari. Setiap ruang berisi antara 20-25 orang, katanya.

"Kami sediakan komputer cadangan, manakala ada kendala maka sudah siap untuk 'back up'. Kami pastikan kesiapan ruangan dan kelengkapan jaringan internet dan kami menyediakan genset jika listrik sewaktu-waktu mati maka genset sudah siap," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024