Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap menggelar pameran produk dan karya kreatif, serta festival kuliner dan kesenian pada acara Pekan Kreatif Nusantara 2022 yang diselenggarakan mulai 30 November 2022 hingga 4 Desember 2022.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa pada Pekan Kreatif Nusantara 2022 ini akan diikuti beberapa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelaku kesenian lokal, serta kontes kreatif oleh masyarakat umum.

"Penyelenggaraan Pekan Kreatif Nusantara 2022 ini lebih spesial karena bersamaan peringatan sewindu penganugerahan Kota Kreatif Dunia dari UNESCO
yang diterima Kota Pekalongan," katanya.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat berbondong-bondong memeriahkan Pekan Kreatif Nusantara 2022 karena dalam acara itu akan dipamerkan produk dan karya kreatif dari berbagai lembaga mulai dari kementerian, BUMN, Pemprov Jateng, pemerintah kabupaten/kota, BUMD, swasta, perguruan tinggi, dan pelaku usaha.

"Kami berharap masyarakat memiliki pemahaman yang sama dengan pemerintah daerah yaitu siap mendukung saat pemerintah membranding suatu daerah, misalnya, produksi olahan minuman teh telang yang merupakan inovasi dari Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara," katanya.

Demikian pula, kata dia, bagi organisasi perangkat daerah terkait dan unsur masyarakat bisa membeli produk-produk hasil karya dari daerah sendiri supaya produk daerah asli di daerah dapat semakin dikenal secara meluas.

Dikatakan, Kota Pekalongan banyak memiliki potensi yang dapat dipromosikan di pasaran baik dalam negeri maupun mancanegara seperti batik dan olahan ikan.

"Kreatifitas dari segi hasil fashion dan kuliner juga harganya harus bisa bersaing, sportif, namun tidak terlalu tinggi. Hal ini dilakukan agar para pengunjung bisa tertarik membeli, dan ajang promosi pelaku UMKM ini," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan - BKKBN Jateng sinkronisasi data kasus stunting
Baca juga: Pemkot Pekalongan mengajak jejaring matangkan strategi eliminasi TBC

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024