Batang (ANTARA) - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memfokuskan untuk melakukan kaderisasi dalang cilik berbakat sebagai upaya melestarikan seni budaya wayang yang kini mulai tergerus oleh kemajuan zaman.

Ketua Umum Pepadi Kabupaten Batang Willopo di Batang, Selasa, mengatakan bahwa seni budaya wayang kulit harus terus dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda agar tidak hilang oleh budaya kekinian atau modern.

"Oleh karena itu, kini sudah saatnya kita melakukan kaderisasi dalang dengan mencari dalang cilik berbakat agar seni budaya wayang tetap bisa dilestarikan," katanya.

Dikatakannya perlu ada semangat dan kerja keras para pengurus pepadi menjalankan misi dan rencana program, khususnya dalam upaya melestarikan kesenian dan budaya itu.

Pepadi Batang, kata dia, harus bisa menjalankan tugas dan "menguri-uri" budaya seni tradisional yang sangat klasik ini yaitu wayang kulit.

"Kami yakin dengan kerja keras dan semangat melakukan kaderisasi dalang cilik maka akan muncul dalang-dalang cilik berbakat, bahkan bisa terkenal," katanya.

Willopo mengaku dirinya tidak sepenuhnya mengetahui tentang kesenian wayang kulit tetapi seni budaya itu sangat dikagumi.

"Secara pribadi, saya mengagumi kesenian ini bahkan dulu sering membaca tentang wayang kulit, jadi sedikit tahu sejarahnya," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024