Boyolali (ANTARA) - Objek wisata Kali Pepe Land yang kini sedang proses pengembangan menjadi salah satu destinasi baru yang banyak dikunjungi masyarakat bertempat di Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Kali Pepe Land yang dikemas sebagai tempat wisata keluarga terletak di tepi Sungai Pepe itu, dahulu kondisinya sangat kumuh, tetapi kini proses pembangunan menjadi tempat objek wisata yang indah, bersih, dan banyak dikunjungi masyarakat," kata Puspo Wardoyo, selaku pengelola sekaligus pemilik Kali Pepe Land, di Desa Gagaksipat Ngemplak Boyolali, Jumat.

Puspo Wardoyo mengatakan dengan konsep tempat rekreasi keluarga, pengunjung dapat menikmati suasana berbagai hiburan dan permainan anak bersama.
 
"Ide kreatif dalam pengembangan sedang berjalan sekitar 30 persen itu, pengunjung di Kali Pepe Land Gagaksipat Boyolali sudah banyak meski belum signifikan," kata Puspo yang juga pengusaha kuliner pemilik Wong Solo Grup, sekaligus memiliki 271 cabang rumah makan di dalam maupun luar negeri.

Ia juga ingin menjadikan Kali Pepe Land yang mempunyai luas 22.500 meter persegi sebagai tempat rekreasi kebanggaan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Pihak pengelola juga melibatkan sekitar seratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menempati lokasi wisata untuk berjualan dengan tidak dipungut biasa sewa atau gratis. Pengunjung yang datang ke Kali Pepe Land tidak hanya wisata, tetapi juga ada edukasi atau sekolah untuk membuat masakan kuliner.

Meski Kali Pepe Land di wilayah Boyolali, tetapi jaraknya lebih dekat jika dari Solo yakni sekitar 12,9 kilometer. Sedangkan, wisatawan dari pusat Kota Boyolali menuju ke Kali Pepe Land harus menempuh darat sejauh 24,6 km. 

Pengelola objek wisata Kali Pepe Land di Boyolali mulai membuka fasilitas dan wahana untuk pengunjung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.  Sutanto, salah satu pengunjung asal Sukoharjo mengatakan Kali Pepe Land sebagai salah satu destinasi wisata baru di Boyolali. Tempat wisata di pinggir sungai dibangun sangat megah dan  indah serta menarik untuk dikunjungi. 

Bahkan, wisata kuliner juga komplit untuk masyarakat kalangan bawah hingga atas. Ada kolam renang, panggung hiburan musik, permainan anak dan hiburan lainnya serta cocok sebagai tempat rekreasi keluarga seperti dahulu di Taman Sriwedari Solo.
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024