Purwokerto (ANTARA) - Tim futsal Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Unsoed FC, berhasil meraih podium tertinggi pada ajang Lomba Futsal Antarinstansi Se-Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022.

Lomba yang diikuti oleh 40 klub dari berbagai instansi dengan mengusung tema "Menjalin dan Menjaga Kekeluargaan yang Sehat dan Menjunjung Tinggi Sportivitas" tersebut digelar di Lapangan Futsal, Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, 30-31 Oktober 2022.

Kemenangan tersebut dapat diraih setelah Unsoed FC berhasil mengandaskan perlawanan Tim Futsal RSUD Banyumas di partai puncak dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Rohman Hidayat pada babak kedua. 

"Partai final adalah partai terberat dalam kompetisi ini, melalui kekompakan tim dan dukungan dari suporter Unsoed FC, akhirnya kami berhasil memenangkan pertandingan ini," kata Rohman Hidayat.

Terkait kemenangan tersebut, Ketua Unsoed FC Eko Sumanto mengungkapkan rasa syukur yang mendalam atas capaian pada Lomba Futsal Antarinstansi Se-Kabupaten Banyumas itu. 

"Alhamdulillah, kami dapat memberikan yang terbaik untuk Unsoed, dan terima kasih atas dukungan pimpinan, civitas academica, mahasiswa, yang tidak kenal lelah bersorak di tribun suporter, serasa memberi energi bagi perjuangan kami," katanya.

Baca juga: Teknik Pertanian Unsoed gelar kuliah praktisi teknologi greenhouse dan hidroponik

Menurut dia, capaian tersebut merupakan yang kedua diraih Unsoed FC dalam rentang lima bulan terakhir karena sebelumnya berhasil membawa pulang Juara 2 Kompetisi Futsal Antarkoperasi.

"Kami berharap energi prestasi ini dapat memotivasi adik-adik mahasiswa untuk dapat berprestasi lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) universitas," tegasnya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan Unsoed FC merupakan klub sepak bola dan futsal yang beranggotakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Unsoed Purwokerto. 

Meskipun belum lama berdiri, kata dia, Unsoed FC sudah turut serta dalam mengharumkan nama Unsoed Purwokerto di dunia olahraga khususnya wilayah Banyumas dan sekitarnya. 

Tak hanya itu, Unsoed FC juga menjalin kerja sama dengan berbagai klub sesama perguruan tinggi negeri dan swasta baik di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Sepak bola adalah olahraga paling popular, kami ingin sepak bola dapat menjadi pintu masuk jalinan kerja sama antarlembaga, menjalin komunikasi, bahkan berkolaborasi di berbagai bidang," katanya.

Ke depan, kata Eko, Unsoed FC berkomitmen untuk mendukung universitas dalam meningkatkan kerja sama dengan prestasi baik di level regional maupun nasional. 

Baca juga: Tim Kedaireka Unsoed adakan FGD optimalisasi Greenhouse dengan IoT
Baca juga: Unsoed sabet tiga medali di ajang Peksiminas XVI
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024