Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 506 pendaftar panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan di Kabupaten Temanggung lolos seleksi administrasi setelah beberapa kecamatan melakukan perpanjangan pendaftaran, kata Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Erwin Nurrachmani Prabawanti.

Erwin di Temanggung, Rabu, mengatakan bahwa seleksi awal lolos administrasi 448 orang, kemudian ada empat kecamatan belum memenuhi kuota perempuan 30 persen, yaitu Bejen, Tretep, Bulu, dan Kaloran.

Setelah diperpanjang masa pendaftaran mulai 2 hingga 8 Oktober 2022, kata dia, total calon anggota panwaslu kecamatan yang lolos administrasi sebanyak 506 orang.

Baca juga: Bawaslu Boyolali perpanjang pendaftaran 66 panwaslu kecamatan

Menurut dia, dari empat kecamatan yang melakukan perpanjangan masa pendaftaran sampai sekarang masih ada kuota perempuan yang belum terpenuhi 30 persen, yaitu di Kecamatan Tretep. Dari total pendaftar 15 orang di Tretep, hanya dua orang perempuan yang mendaftar.

Seharusnya, lanjut dia, ada lima perempuan yang mendaftar di Kecamatan Tretep. Namun, karena sudah ada perpanjangan masa pendaftaran dan masih ada tahapan lainnya, harus ditutup dan tahapan lainnya tetap dilanjutkan.

Erwin mengatakan bahwa mereka yang lolos administrasi akan mengikuti seleksi tertulis dengan computer assisted test (CAT) di SMA Negeri 1 Temanggung pada tanggal 15—16 Oktober 2022.

"Pada hari Sabtu (15/10) dan Minggu (16/10) ada tes tertulis memakai komputer (CAT) di SMAN 1 Temanggung untuk menjaring masing-masing lolos enam besar peserta dari setiap kecamatan," katanya.

Setelah terpilih enam besar, tahapan selanjutnya adalah wawancara untuk menentukan tiga teratas yang lolos sebagai panwaslu kecamatan.

Baca juga: Bawaslu Jateng: 12.049 mendaftar jadi calon anggota panwaslu kecamatan
Baca juga: Bawaslu Purworejo terima 346 berkas calon anggota panwascam
Baca juga: Terpenuhi, kuota perempuan pendaftar panwaslu kecamatan di Temanggung

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024