Demak (ANTARA) - Kepolisian Resor Demak, Jawa Tengah, bersama Kodim 0716 Demak serta Satpol PP menggelar patroli sekala besar dalam rangka cipta kondisi dan mengawal jalannya tahapan kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I di daerah setempat.

Menurut Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono di Demak, Sabtu, pengamanan ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Masa tahapan kampanye, kata dia, akan dilakukan selama tiga hari mendatang, mulai tanggal 8-10 Oktober 2022 tersebar di 183 desa.

Dalam pengamanan kampanye tersebut, petugas mengimbau kepada calon kepala desa dan massa pendukung calon agar tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama giat kampanye berlangsung.

Sasaran pengamanan difokuskan untuk calon dan penyelenggara pemilihan, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat penunjang pilkades.

"Termasuk pengamanan lokasi maupun objek vital lainnya serta kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan pilkades,” ujarnya.

Baca juga: Polres Wonosobo petakan daerah rawan pilkades serentak

Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 berlangsung di 183 desa tersebar di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Demak. Sementara jumlah personel pengamanan sebanyak 6.090 personel gabungan.

Dibantu dengan personel dari Kodim 0716 Demak sebanyak 310 personel, Brimob 60 personel, Pengendalian Massa (Dalmas) Polda Jateng 30 personel, Polres Kudus 30 personel, Polres Jepara 30 personel, Polres Grobogan 30 personel, Satpol PP 60 personel dan Linmas 5.540 personel.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024