Boyolali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat kembali menyiapkan pengiriman duta seni pelajar 2022 ke luar daerah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Kami menggelar seleksi duta seni pelajar tahun ini, yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19, pada 2020 dan kini sedang tahap pendaftaran untuk kelas VIII SMP di Boyolali, " kata Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto, di Boyolali, Senin.

Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali sebelumnya sudah diselenggarakan sejak 2013 hingga 2019 untuk melakukan misi kebudayaan ke luar negeri baik di benua Asia, Amerika maupun Negara Eropa. Namun, pengiriman duta seni pelajar karena pandemi pada 2020 hingga 2021 berhenti.

Kegiatan pengiriman pelajar kembali dilanjutkan tahun ini, tetapi sekarang dengan berbagai pertimbangan dan sesuai dengan kewenangan untuk Duta Seni pelajar 2022 untuk anak-anak jenjang SMP kelas VIII.

"Kami peserta duta seni untuk SMP kelas VIII dan pengirimannya dalam rangka memperkuat wawasan nusantara bagi siswa dengan rencana antarprovinsi. Targetnya seluruh kabupaten dan kota yang ada di Indonesia yang ada event budaya," katanya.

Duta Seni pelajar kali ini membawa misi kebudayaan tidak lagi ke luar negeri, tetapi ke seluruh Provinsi di Indonesia yang akan mulai diberangkatkan pada akhir November hingga awal Desember 2022 setelah melakukan beberapa tahapan seleksi.

Disdikbud sudah melakukan sosialisasi pendaftaran audisi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 beberapa waktu lalu. Acara sosialisasi dihadiri 98 kepala sekolah yang terdiri dari 52 SMP Negeri dan 46 SMP swasta.

"Kami berharap semua mempunyai tugas mengembangkan setiap potensi, bakat dan minat peserta didik dan juga dalam rangka melestarikan dan memajukan budaya tradisional warisan dari nenek moyang kita," katanya.

Rekrutmen duta seni dan misi kebudayaan pelajar, kata dia, kini masih tahap pendaftaran yang lolos administrasi langsung mengikuti seleksi tahap pertama dilanjutkan tahap kedua. Seleksi duta seni pelajar 2022 akan diambil 20 siswa untuk mewakili siswa Boyolali.

Sementara itu, ketua panitia rekrutmen peserta duta seni pelajar 2022, Ribut Budi Santoso dari Ketoleng Institute Boyolali, mengatakan kriteria Duta Seni Pelajar Boyolali tahun ini, untuk pelajar kelas VIII SMP dan harus berdomisili dan bersekolah di Kabupaten Boyolali.

"Setiap sekolah SMP boleh mengirimkan berapapun siswanya akan diseleksi tahapan sama seperti Duta Seni bagaimana nanti anak ini, bisa betul-betul menjadi Duta Seni dan misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali," katanya.

Sebanyak 20 siswa yang terpilih menjadi duta seni pelajar Boyolali akan menjalani pembekalan mulai tanggal 14 Oktober hingga keberangkatan sekitar akhir November hingga awal Desember mendatang. 
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024