Solo (ANTARA) - Salah satu pengusaha swasta asal Solo Puspo Wardoyo akan menyiapkan wisata edukasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah untuk mendukung pembelajaran para siswa. 

"Di Kali Pepe Land ini kami tidak hanya menjadikannya sebagai tempat hiburan tetapi juga tempat wisata edukasi," katanya di sela acara peringatan HUT ke-72 SMAN 4 Surakarta di Kali Pepe Land, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan salah satu yang bisa dipelajari adalah bagaimana berwirausaha yang baik. Menurut dia, saat ini era sudah berubah dan sudah saatnya di sekolah tingkat SMA juga diajarkan wirausaha atau bakat lain yang sesuai minat siswa.

Sementara itu, rencana tersebut juga didukung oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa yang kali itu juga hadir dalam acara. Menurut dia, wisata edukasi sangat dibutuhkan di setiap daerah termasuk Kota Solo. 

"Perlu ada satu tempat khusus yang bisa digunakan oleh siswa sekolah untuk belajar inovasi teknologi dan wirausaha secara langsung. Nggak perlu gunakan ruang yang besar yang ribuan hektar, 1.000 meter saja sudah cukup," katanya. 

Ia juga berharap adanya keterlibatan pengusaha swasta untuk ikut menciptakan tempat wisata edukasi. 

"Mumpung ketemu Pak Puspo yang dekat dengan posisi pemerintah pusat. Besok kan pas peresmian Kali Pepe Land, November nanti Pak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan) dan lima menteri akan hadir di sini," katanya. 

Sementara itu, pada acara tersebut mengangkat tema Education Expo dan Archipelago 2022. Pada kegiatan sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta turut serta untuk mempresentasikan masing-masing PT. 

"Kami juga mengundang sejumlah alumnus SMAN 4 yang berhasil di bidangnya untuk memberikan kiat sukses," kata Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-72 SMAN 4 Surakarta Nafisa Putri Zafira.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024